Punya TAPD, Kejari Selektif Kawal Proyek Pemkot Bogor

by -

METROPOLITAN- Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor Yudi Indra Gunawan yang juga penanggungjawab Tim Pengawalan dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kota Bogor berkesempatan memaparkan fungsi TP4D yang terlibat dan berkontribusi dalam pembangunan.

Keberhasilan dalam pembangunan menjadi tolak ukur keberhasilan kejaksaan, demikian pula halnya dengan serapan anggaran oleh pemerintah daerah. Diharapkan dengan pengawalan dan pengamanan, hasilnya pekerjaan pembangunan akan optimal dan menjadi role model,” ujarnya saat menghadiri briefing staff di Paseban Sri Bima, Balaikota Bogor, Selasa (06/02/2018) pagi.

Kemunculan TP4D menurutnya didasari keprihatinan dari kepala negara karena keluhan kepala daerah yang merasa terintimidasi kaitan proses hukum oleh kejaksaan. Dalam menjalankan tugasnya berupa fungsi pencegahan (preventif), kejaksaaan tidak memiliki kewenangan menentukan proyek pekerjaan yang akan dikawal atau didampingi.

Kami menyerahkan sepenuhnya kepada bapak ibu sekalian dengan koordinasi pimpinan daerah untuk menentukan proyek pembangunan prioritas mana yang akan dilakukan pengawalan dan pengamanan yang sekiranya memiliki efek stimulan. Namun secara logika tidak mungkin seluruh proyek kami kawal,” ujarnya.

Yudi percaya apa yang dilakukan para kepala OPD di Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor pada dasarnya memiliki keinginan atau niat untuk melakukan sesuatu yang positif, baik dan optimal untuk kepentingan masyarakat.

Kehadiran kami membantu ibu bapak dalam mengamankan pekerjaan tersebut, karena itu kami menyambut baik. Kita bekerja sama dan sama-sama kerja, ini kolaborasi yang indah sehingga tahun-tahun kedepan tidak ada lagi kekhawatiran yang kami sendiri tidak menginginkannya,” paparnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan dengan paparan yang disampaikan Kejari Kota Bogor mampu memberi ketenangan, intinya ketika persoalan hadir bisa memilih dan memilah mana yang benar-benar prioritas untuk ditindaklanjuti secara hukum.

Selanjutnya kesuksesan Pemkot Bogor dan maksimalnya serapan Pemkot Bogor juga keberhasilan Kejari Kota Bogor,” terangnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat berharap Kejari Kota Bogor dapat mengawal dan mengamankan kegiatan-kegiatan yang meliputi kebutuhan dasar, seperti kesehatan, pendidikan atau yang dibutuhkan masyarakat termasuk program prioritas, seperti transportasi.

(*/FEB)

Loading...