METROPOLITAN – Kantor Komisi Pemilihan Sukabumi digeruduk Umum (KPU) massa, Kabupaten kemarin. Kedatangan pemilihan mereka gubernur karena dan memprotes wakil gubernur hasil JawaBarat anarkistis.(pilgub Massa yang Jabar). tak Aksi puas pun lalu menjurus mempengamanan bakar sepedapun motor. akhirnya Sejumlah turun personel tangan untuk menghalau massa.
Namun, kejadian ini merupakan bagian dari simulasi pengamanan pilkada serentak yang digelar KPU bersama Polres Sukabumi, TNI serta unsur lainnya di GOR Palabuhanratu. Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi mengatakan, simulasi ini dalam persiapan pilgub Jabar. Ada tactical game dan atraksi tripatra yang melibatkan kekuatan Dalmas, Brimob dan TNI dalam menghadapi demonstrasi. Kegiatan ini merupakan gambaran kedepan seandainya kejadian itu benar-benar terjadi. Untuk pengamanan, Polres Sukabumi mendapat backup kekuatan dari Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi, Batalyon Armed 13/Nanggala, Batalyon Infanteri 310/Cikembar dan Satpol PP Kabupaten Sukabumi. “Seluruhnya ada 700personelgabungan. Insya Allah dengan simulasi ini kita siap menghadapi pilkada
Jabar,” bebernya.

Kapolresmenambahkan, simulasi pengamanan pilkada serentak ini mengikutsertakan personel triparta yaitu tiga kekuatan, baik kekuatandariDalmas, Brimob dan dibantu TNI. Simulasi tersebut dalam persiapan pengamanan pilgub Jabar. “Kegiatan dilaksanakan dalam dua agenda. Agenda pertama kegiatan TFG (Tactical For Games) yang tugasnya di mana dan apa yang harus diamankan. Selanjutnya atraksi Triparta, yaitu tiga kekuatan. Mereka bersama-sama melaksanakantugas, pengamanan pilkada serentak saat menghadapi demontrasi atau aksi masa,” kata Kapolres.
Menurut Kapolres, simulasi ini merupakan gambaran pelaksanakan pengamanan apabila terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Sehingga seluruh personel yang terlibat bisa memahami permasalah sesuai tugasnya dengan baik. “Dalam Tripatra ini, kita tidak bisa melakukan tugas dengan sendiri. Kita dibantu Dalmas dan Brimob Polda Jabar dan TNI Angkatan Darat, Angkatan Udara serta Angkatan Laut, termasuk juga dari pemda setempat,” jelasnya.

(ade/ram/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here