DRAMAGA – Himpunan Alumni (HA) Institut Pertanian Bogor (IPB) terus berupaya mendorong mahasiswa dan para alumni untuk berwirausaha. Salah satunya dengan menggelar pelatihan bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IPB dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) baru-baru ini di Gedung Alumni (GA) IPB, Dramaga.

Ketua Departemen Inkubasi dan Kemitraan Alumni DPP HA IPB Menik Sumarsoh mengatakan pelatihan itu merupakan langkah awal mendorong para mahasiswa atau alumni yang baru lulus untuk mulai berwirausaha. “Ini merupakan pelatihan perdana untuk memberi wawasan kepada mahasiswa tentang kewirausahaan. Dimulai dengan perencanaan bisnis, materi selanjutnya akan menyusul,” kata Menik ketika memberikan materi pelatihan bersama salah satu alumni IPB Uun W Untoro.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP HA IPB Fathan Kamil menegaskan wirausaha menjadi salah satu prioritas program HA IPB saat ini. Hal itu seiring dengan banyak potensi sumber daya alam di Indonesia yang memungkinkan untuk dikembangkan. Potensi itu perlu dikembangkan sehingga memberi nilai tambah yang berpeluang pada aktivitas kewirausahaan.

“Para alumni yang bergerak dalam dunia wirausaha dan berbagai bidang terkait akan disinergikan,” tegas mantan Ketua Senat Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB ini.

DPP HA IPB sendiri mempunyai beberapa program untuk mendorong kewirausahaan yang tersebar dalam beberapa kegiatan. Demikian juga beberapa DPD (dewan pimpinan daerah) dan DPK (tingkat fakultas) pernah menggelar pelatihan sejenis sehingga diharapkan terus ditingkatkan.

Dalam waktu dekat, DPP HA IPB juga akan melakukan kunjungan ke Yogyakarta dan Entrepreneur Trip Goes to Cirebon untuk melihat secara langsung dan mendalami aktivitas wirausaha, terutama yang terkait dengan pertanian dan perikanan.

(bs/sal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here