Deddy Mizwar Terpopuler, Kang Emil Disukai

by -5 views

METROPOLITAN – Ridwan Kamil memang menjuarai elektabilitas dalam survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC.) Namun rivalnya, Deddy Mizwar, menjadi cagub paling populer di antara calon yang berlaga di Pilgub Jawa Barat 2018.

Survei digelar pada 1-8 Maret 2018. Survei melibatkan 801 responden yang diwawancarai lewat tatap muka. Metode survei adalah multistage random sampling. Margin of error survei ini kurang-lebih 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden disodori pertanyaan, “Tahu atau pernah mendengar nama-nama tokoh berikut?” Nama-nama yang disodorkan adalah semua calon di Pilgub Jabar 2018. “Deddy Mizwar paling populer, sudah dikenal 88 persen warga Jawa Barat. Sementara M Ridwan Kamil baru dikenal 72 persen,” demikian keterangan SMRC dalam paparan tertulis.

Namun ‘tahu’ belum tentu ‘suka’. Misalnya, dari 100 persen responden, yang tahu calon ‘X’ ada 80 persen. Namun 80 persen orang yang tahu itu belum tentu menyukai calon ‘X’. Bisa saja calon ‘X’ hanya disukai setengah orang yang mengetahuinya. Maka, responden yang tahu para calon diberi pertanyaan lebih lanjut, “Jika tahu atau pernah dengar, apakah suka?” Hasilnya Ridwan Kamil mendapat 78 persen, Deddy Mizwar 73 persen dan yang paling buncit Anton Charliyan dengan 37 persen.

SMRC juga merilis elektabilitas para calon di atas. Dalam format berpasang-pasangan, Ridwal Kamil-Uu Ruzhanul Ulum unggul dengan raihan 43,7 persen suara responden. Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi menyusul di urutan kedua, dengan 30,7 persen. Selanjutnya ada Sudrajat-Akhmad Syaikhu 4,6 persen. Di urutan paling buncit, ada TB Hasanudin-Anton Charliyan dengan 2,8 persen suara responden. Yang tidak tahu/merahasiakan jawaban ada 18,2 persen.

(dtk/els)

Loading...