News, Sport and Lifestyle

Disdik Siapkan Rp50 Milyar untuk UNBK Tingkat SMP

MEGAMENDUNG – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) bagi Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan berlangsung sekitar dua pekan lagi. Ujian tersebut menggunakan dua sistem,yakni ujian secara tertulis dan ujian dengan sistem menggunakan komputer. UntukĀ  perangkat komputer,Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten BogorĀ  mempersiapkan sekitar 4000 unit dengan nilai sekitar Rp50 milyar, yang akan dibagikan ke seluruh SMP Negeri se – Kabupaten Bogor secara merata.

Kendati memilki nominal pembelanjaan yang fantastis,menurut Kadisdik Kabupaten Bogor Tb Luthfi syam, pengadaan perangkat komputer tersebut tidak ditenderkan atau tidak melalui lelang,melainkan akan belanja langsung melalui sistem online. “Nantinya sistem belanja akan melalui on line dengan katalog yang sudah tersedia,” paparnya. Meskipun ada pembelanjaan tambahan,lanjutnya,tidak mengganggu anggaran pendidikan yang lain,karena Pemkab Bogor sudah menaikkan anggaran untuk pendidikan. Tadinya hanya 27 persen dari APBD,tahun ini anggaran pendidikan naik jadi 32 persen dari APBD kabupaten Bogor.

Dia juga mengatakan,saat ini SMP di kabupaten Bogor sudah 70 persen menggunakan sistem UNBK. “Kami akan terus tingkatkan lagi sampai 80 persen ,” tuturnya. Menanggapi hal tersebut,kepala SMP 3 Ciawi Lili Suhartini mengatakan,saat ini sekolahnya sudah mempersiapkan jaringa komputer di masing – masing meja kelas. Agar nanti komputer dari dinas datang bisa langsung dipasang. “Jaringan sudah siap,meskipun keberadaannya agak mengganggu proses belajar karena di meja siswa banyak kabelnya,” ungkap dia.

(ash/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *