METROPOLITAN – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor gencar memperkenalkan salah satu cabang olahraga (cabor) baru. Seksi Pembibitan Iptek Organisasi Keolahragaan (Pitok) Dispora menyasar sekolah memperkenalkan cabor petanque di Bumi Tegar Beriman.

Sosialisasi yang melibatkan guru olahraga dari setiap sekolah se-Kabupaten Bogor tersebut berlangsung di Hotel M-One, Sukaraja, Kabupaten Bogor, sejak kemarin hingga besok. Berbagai materi mengenai olahraga petanque siap deiberikan jajaran panitia pelaksana demi memasyarakatkan olahraga yang terbilang baru di Bumi Tegar Beriman.

Kepala Dispora Kabupaten Bogor Yusuf Sadeli mengaku pihaknya sangat mengapresiasi kinerja Pitok dalam memperkenalkan petanque kepada masyarakat, khususnya para pelajar dan guru olahraga yang ada di Bumi Tegar Beriman. “Pelajar merupakan salah satu terget utama kita dalam sosialisasi cabor baru ini. Makanya kita libatkan guru olahraga di setiap sekolah yang ada di Kabupaten Bogor,” katanya.

Ketua Pengcab Petanque Kabupaten Bogor Egi Gunadi Wibawa menambahkan, pihaknya akan menggencarkan sosialisasi pemahaman cabor petanque kepada pelajar yang ada di Kabupaten Bogor demi melakukan pembibitan dan pencarian atlet berbakat guna mengisi skuat muda petanque Kabupaten Bogor. “Ini merupakan awal perjalanan petanque. Semoga semuanya bisa terlaksana sesuai apa yang kita impikan bersama,” harapnya.

Petanque adalah suatu bentuk permainan olahraga yang tujuannya melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochonet. Kaki pelempar juga harus berada dalam lingkaran kecil yang sudah ditentukan.

Ada jarak yang ditetapkan, yaitu jarak lemparan dari bola kayu dengan pelempar antara enam sampai sepuluh meter. Dalam petanque, terdapat single tim, double tim, triple tim dan mix tim. Jenis permainan ini adalah batle tim. Olahraga petanque sendiri berasal dari Prancis. Di Prancis, olahraga ini sudah ada sejak sekitar 1907-an. Hampir sebagian masyarakat Prancis memainkan olahraga tersebut.

(ogi/b/suf/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here