News, Sport and Lifestyle

Fornas Bhineka Tunggal Ika Kabupaten Bogor Daftar ke Kesbangpol

CIBINONG – Setelah terbentuk di Kabupaten Bogor. Rabu (07/03/2018) pengurus Fornas Bhineka Tunggal Ika Kabupaten Bogor mendaftarkan diri di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bogor.

Ketua Fornas Bhineka Tunggal Ika Kabupaten Bogor Jhonsen Alan mengatakan, Fornas Bhineka Tunggal Ika hadir sebagai bentuk kepedulian putra bangsa, dimana saat ini mulai lunturnya nilai-nilai kebhinekaan dan Pancasila.

“Visi kami adalah terwujudnya tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai cita-cita proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 sebagaimana dimaksudkan di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan berazaskan Pancasila,”ujarnya kepada Metropolitan, kemarin.

Jhansen -sapaanya- mengatakan, menjaga keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berazaskan Pancasila, dengan terus mewujudkan semangat Bhinneka Tunggal Ika dan toleransi antar adat, budaya, etnis, suku, agama dan golongan, serta berjuang untuk meningkatkan kebaikan bersama dalam membangun tatanan masyarakat Indonesia yang demokratis dan humanis.

“Saya rasa secara garis besar ormas lain dan fornas mungkin hampir sama, tapi di sini fornas punya gaya dan cara sendiri karna kami lebih mengedepankan bersentuhan atau dialog langsung dengan masyarakat agar kita selalu menjaga keberagaman ini. Karna Pancasila dan NKRI sudah final,”ujarnya.

Kenapa harus memilih nama Fornas Bhinneka Tunggal Ika, karena menurunya singkatan dari Fornas itu adala Forum Nasional dan Bhinneka Tunggal Ika. “Saya rasa semua kita sudah tahu apa artinya Bhinneka Tunggal Ika, karna di sinilah adalah wadah tempatnya berkumpul kita semua tanpa memandang golongan, suku, agama dan gender tidak ada perbedaan yang harus mengkotak-kotakan untuk bergabunng di Fornas ini. Karenanya jika kami ditanya maka kami akan menjawab kami Indonesia,” pungkasnya.

Perlu diketahui Ketua Umum Fornas Bhineka Tunggal Ika adalah Saiful Rohim dan Sekjennya adalah Taufan Hunneman. Fornas sudah terbentuk di sejumlah wilayah seperti di Jawa, Sumatera, Sulawesi, Bali dan Kalimanten.

(tri/b/sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *