PARUNG – Kabar gembira bagi masyarakat Parung, pasalnya Pemprov Jawa Barat bakal menganggarkan Rp25 miliar untuk membangun Terminal Parung pada 2019 mendatang.

Terminal Tipe B yang melayani 14 trayek Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang pembangunannya molor sejak empat tahun itu, hampir dipastikan bakal dibangun tahun depan.

“Rencananya kan tahun ini, tapi belum masuk APBD Provinsi Jawa Barat. Mungkin tahun depan. Karena lahan sudah siap,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor Edi Wardhani, baru-baru ini.

Jika melihat Detail Engineering Design (DED), kata dia, pembangunan Terminal Parung akan menghabiskan anggaran Rp25 miliar. “Sesuai undang-undang, kalau terminal B kewenangannya ada di provinsi. Perencanaan sudah kami serahkan juga lewat surat Ibu Bupati,” katanya.

Pemkab Bogor sebelumnya berencana membangun terminal itu menggunakan APBD sendiri. Tidak mau merugi jika sudah dibangun lantas dikelola Pemprov Jabar, maka Detail Engineering Design (DED) pun diserahkan ke provinsi, bersamaan surat permohonan pembangunan dari Bupati Nurhayanti.

“Terminal Parung masuk tipe B dan akan dikelola oleh provinsi, seperti Terminal Cileungsi dan Leuwiliang,” kata Kepala Bidang Angkutan dan Terminal Dishub Kabupaten Bogor, Dudi Rukmayadi.

Menurut Dudi, jika pembangunan dilakukan oleh Pemprov Jabar, maka perencanaan pembangunan sebelumnya bisa dialokasikan ke bidang lain, seperti kesehatan dan pendidikan. “Bukan tidak mau rugi yah. Tapi, anggaran yang diperlukan kan cukup besar,” katanya.

(ib/sal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here