Jelek, Warga Kalisuren Ramai-ramai Kembalikan Rastra ke Desa

by -

TAJURHALANG – Ratusan karung yang berisikan Beras Sejahtera (Rastra) bantuan dari Dinas Sosial Kabupaten Bogor yang telah disalurkan ke Desa Kalisuren, Kecamatan Tajurhalang dikembalikan lagi ke Bulog. Musabanya beras yang diterima Desa Kalisuren sebenyak 366 karung itu dinilai tidak layak untuk konsumsi.

Salah seorang warga yang enggan namanya dikorankan itu mengatakan, sangat kecewa dikarena dirinya warga kurang mampu, sementara beras gratis itu diterimanya dengan kualitas yang tidak layak.

“ Mentang-mentang saya orang tidak mampu dan beras ini gratis masa kondisi beras gak layak konsumsi. Banyak kutunya,”ujar warga Desa Kalisuren Rw 10 kepada Metropolitan, kemarin.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Roy E Kherudin menyampaikan kalau pihaknya bersama Bulog datang ke Desa Kalisuren Rabu siang (07/03) untuk mengecek beras Rasta yang kualitasnya tidak layak konsumsi dan dikembalikan lagi ke desa oleh warga dan ternyata benar beras tersebut sangat tidak layak untuk dikonsumsi.

“ Tadi staf saya sudah ke Desa Kalisuren bersama Bulog Dramaga, dan beras harus dikembalikan dan Bulog siap menggantinya,” terangnya.

Roy menjelaskan untuk jumlah, belum bisa memastikan ada berapa yang kualitas beras Rasta itu tidak layak untuk di konsumsi. “ Belum (tahu jumlahnya). Saya lagi minta bantuan ke Camat- Camat selaku ketua Tim kordinasi kecamatan, yang jelas kalo beras jelek harus di kembalikan ke Bulog,” tegasnya.

Ia pun menyayangkan beras Bulog yang mestinya bisa lolos dari sortiran pihak Bulog. Ternyata malah lolos.

“Tentu ini kecerobohan pihak bulog saya menegur dengan keras. Itu kan tanggung jawab Bulog, Dinsos kan hanya memfasilitasi .Intruksi Mensos agar beras yang jelek harus di kembalikan ke Bulog,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Desa Kalisuren Odih Iyas saat di hubungi via telepon belum memberikan keterangan pasti berapa jumlah beras yang tidak layak itu hingga dikembalikan ke desa.

(khr/b/sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *