Banyaknya jumlah mahasiswa yang merasa tidak sesuai dengan jurusan yang dipilihnya ketika memasuki Perguruan Tinggi, menjadi alasan diadakannya Pameran Pendidikan.

“Acara ini dihadiri oleh beberapa Perguruan Tinggi di Dalam serta luar Negeri seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Kyungsung University dan masih banyak lagi.” ujar Pudir III Urusan Kemahasiswan, Informasi dan Kerjasama Politeknik AKA Bogor, Henny Rochaeny.

Menurut Henny, tujuan acara ini semata-mata untuk memberikan informasi kepada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan ke jenjang lebih tinggi, supaya masuk ke jurusan yang sesuai dengan kompetensinya dan tidak menyesal di kemudian hari.

“Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut. Salah satunya adalah minimnya informasi serta referensi mengenai perguruan tinggi yang sesuai dengan minat dan bakat calon siswa,” terangnya.

Selain itu, pendampingan orang tua menjadi faktor penting dalam menentukan perguruan tinggi yang tepat bagi anak, salah satunya dengan terus mencari informasi serta menghadiri pameran-pameran pendidikan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Politeknik Akademi Kimia Analisis (AKA) Bogor yang setiap tahunnya ikut berpartisipasi dalam acara kegiatan tersebut guna memberikan informasi kepada para siswa dan masyarakat, bahwa perguruan tinggi berbasis kompetensi dapat di perhitungkan dalam dunia industri.

Sebagai calon mahasiswa, para siswa memang diharapkan dapat menentukan pilihannya secara matang ketika ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Banyak pada zaman sekarang ini siswa yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi ternama hanya karena gengsi, tapi tidak sesuai dengan bakat dan kompetensi yang dimilikinya.

(mg2/mam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here