News, Sport and Lifestyle

Umat Hindu di Bogor Ikuti Upacara Mecaru

BOGOR – Ratusan umat hindu di wilayah Jabodetabek, menggelar upacara Mecaru Tawur Kesange, di lokasi Pura Angkasa Amarta Darmajati, Kompleks TNI-AU Lanut Aatang Sandjaja (ATS) Semplak Bogor, Jawa Barat menyambut peryaan hari raya Nyepi 1940 tahun Baru Saka 2018. Jum’at, (16/03).

Ketua Panitia Kegiatan Nyepi, di Pura Angkasa Amarta Darmajati, Priyanto, mengatakan upacara Mecaru Tawur Kesange ini dilakukan untuk tujuan pensucian pura Angkasa Arata Darmaajati dari hal-hal atau pengaruh negative, sebelum pelaksanaan Catur Brata atau 4 pantangan dalam ritual penyepian, yakni amati karya (tidak beraktifias/bekerja), mati geni (tidak menyalakan api/lampu), amati Lelungan (tidak bepergian) dan tidak melakukan kegiatan hura-hura atau hiburan selama pelaksanaan penyepian. “ Empat ritual tersebut sifatnya wajib dan harus dipatuhi oleh umat selama melaksanakan nyepi,” tegasnya.

Dalam perayaan Nyepi tahun ini, terasa lebih istimewa dari pada tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, kata Priyanto, pada Nyepi tahun ini dikerenakan bertepatan atau bebarangen waktunya dengan perayaan Saras Wati atau waktu turunnya kitap suci Weda untuk umat Hindu. “Momentum Nyepi bertepatan dengen Saras Wati yang jatuh pada Sabtu esok itu, tentu menjadi sangat istimewa bagi kami umat Hindu. Sebab ini momentum yang jarang sekali terjadi (langka). Maka dari itu kami seluruh umat Hindu sangat bersukur bisa merayakan dan menikmatinya secara bersamaan,” ujarnya.

Pengurus Pura, I Wayan Sukarta menambhakan, bahwa rangkaian perayaan Nyepi dan Saras Wati, di Pura Angkasa Darmajati Bogor sendiri telah dimulai sejak kemarin, yakni dengen telah dilakuknnya berbagai upacara dan kegiatan didalmnya. Dalam upacra tersebut, ratusan jamaah umat hindu dari berbagai wilayah disekitar Bogor, sperti dari Kota Bogor, Kemang,Parung,Depok dan Tanggerang hadir untuk mengikuti upacara penuh hikmat. “Ya, tadi pagi tepat pada pukul 09.00 WIB, kami bersama para jamaah telah melaksanakan upacara Melasti untuk mensucikan diri. Dan sore ini, kami juga tengah melaksanakan upacara Mecaru Penyepian untuk tujuan mensucikan pura yang kami gunakan untuk melaksanakan Catur Brata penyepian besok,” jelasnya.

Ratusan jamaah umat Hindu di wilayah Bogor dan sekitarnya berharap, dengan digelarnya berbagai rirual dan upaca tersebut semua kegiatan Nyepi di Pura tersebut akan berjalan aman dan lancer. “Semoga dengan pesan-pesan yang terkandung dalam perayaan Nyepi dan hari besar Sraswati ini akan mendatangkan keberkahan dan kebaikan, bagi kami umat Hindu dan bangsa Indonesia pada umumnya,” jelasnya. (bas)

Sumber : bisnisjakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *