METROPOLITAN – 17.598 siswa Kelas VI dari ratusan sekolah dasar (SD) yang ada di Kota Bogor, mengikuti try out (TO) ke III, selama tiga hari. Tujuannya, melatih dan mempersipkan diri para siswa dalam meghadapi ujian akhir sekolah berstandar nasional (USBN), Mei mendatang.

“TO USBN yang diberikan kepada siswa kelas VI itu sangat penting bagi semua pihak yang terkait dengan ujian nasional ini,” ujar Kepala Bidang SD, Dinas Pendidikan Kota Bogor, Maman Suherman, didampingi Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum SD, Wasi Jatmiko Nugroho kepada Metropolitan, kemarin.

Bahkan, sambung dia, hal ini sangat bermanfaat untuk siswa sendiri, guru mata pelajaran, kepala sekolah maupun orang tua siswa. Selain itu, untuk mengasah keterampilan dalam mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi pelajaran yang diujikan.

“Tapi, esensi soal-soal TO dibuat berdasarkan SKL dan kisi-kisi USBN, sehingga siswa dapat berlatih mengerjakan soal-soal ujian,” bebernya

Jatmiko sapaan akrabnya menuturkan, ketiga soal mata pelajaran yang di ujikan ini telah didisdtribusikan ke ratusan sekolah dasar di Kota Bogor, Jumat lalu. Pendistribusian dilakukan melalui kelompok kerja kepala SD (K3SD) di enam kecamatan di Kota Bogor.

“Soal-soal ujian TO tidak dapat dipastikan, apakah sama atau tidak dengan soal-soal ujian nasional yang akan dihadapi siswa. Tapi, dengan TO itu, nantinya dapat dijadikan sebagai evaluasi untuk mengetahui sampai sejauh mana pemahaman siswa dalam pelajaran yang disajikan dalam ujian,” tukasnya.

(tur/ar/yok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here