METROPOLITAN – Kondisi Situ Pemda Cibinong kumuh dan tak terurus. Sampah bekas makanan tersebar di setiap sisi, belum lagi airnya kotor. Alhasil kritikan keras pun dialamatkan untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor yang terkesan acuh tak acuh merawat Setu Pemda Cibinong. Kepala Badan Perencanaan Pengembangan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Syarifah Sofiah mengaku, tahun ini, Bappedalitbang Kabupaten Bogor berencana akan mulai rutin membersihkan Setu Pemda Cibinong dengan mengerahkan dua kapal pembersih yang diperoleh dari CSR Bank BJB. “Untuk membersihkan sampah di Setu, dengan bantuan Bank Jabar kita nanti mau beli dua unit perahu dan mudah-mudahan cukup,” ujarnya.

Setelah ada perahu, pembersihan situ akan melibatkan relawan dari PMI yang kerap disebut Sibat. Fungsi Situ Pemda Cibinong, kata Ifah, masih akan begitu saja karena belum ada yang mau memanfaatkannya. Berbeda dengan Situ Cikaret, ada developer yang akan membangun perumahan dan sempadan Situ Cikaret bisa dimanfaatkan, semisalnya untuk jogging track. “Hanya dibersihkan, karena kalau pengerukan itu kan ada BBWS tugasnya karena harus ada alatnya sendiri,” katanya.

Ketidakmampuan Pemkab Bogor mengurus Situ Pemda Cibinong sehingga harus memanfaatkan CSR Bank BJB sebelumnya sempat dilontarkan Kasi Perencanaan Irigasi dan Sumber Daya Air pada Dinas Perumahan dan Pemukiman Rakyat (PUPR) Kabupaten Bogor, Sugismanto. Ia mengaku, permasalahan sampah sudah terjadi sejak tahun lalu. Pengelolaan Situ Cibinong merupakan tanggung jawab Pemkab Bogor. Namun tidak ada anggaran khusus untuk pemeliharaan kebersihan situ. “Sebetulnya Pemkab Bogor yang bertanggung jawab hanya saja terkendala di anggaran,” katanya.

Sejak awal tahun, pihaknya telah berencana untuk mengelola situ tersebut dengan menggunakan anggaran khusus. Namun anggaran untuk kebersihan situ tak kunjung terealisasi. “Dalam waktu dekat kita mau bersihkan sampah-sampah di situ. Kita akan urug sampah yang ada di setu yang luasnya sekitar enam hektare,” tukasnya.

(ads/b/els)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here