DD Belum Cair, Kades Cogreg Cari Duit Talangan

by -

PARUNG – Hampir masuk bulan kelima anggaran yang dinanti pemerintah desa (pemdes), sampai saat ini belum cair. Bahkan pemdes bertanya – tanya Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD)  tak kunjung cair sampai saat ini.

Imbas belum cairnya ADD dan DD, pembangunan insfrastuktur yang sudah direncanakan ikut terhambat, pelayanan dan gaji para pegawai pun ikut terhambat juga. Untuk menutupi hal tersebut kepala desa sibuk cari dana talangan.

Kepala Desa Cogreg, Kecamatan Parung, Suherdi mengaku, sampai pusing memutar otak agar pembangunan di desanya  bisa segera direalisasikan. Namun hingga berbulan-bulan  DD dan ADD tak kunjung cair.

“Bingung, mau nyari talangan kemana, pusing, mending kalau ada uang kas. Kan sekarang mah di desa tidak boleh ada uang kas, anggaran yang diberikan harus dihabiskan,” ujarnya kepada metropolitan kemarin.

Masih kata Herdi -sapaan- akrabnya, pihak desa sudah memberikan berkas pengajuan ke pemda melaui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (DPMPD). Tapi belum kunjung cair juga.

“Katanya ada info, tidak tahu benar apa bohong anggaran akan dicairkan per enam bulan sekali, kalau mau enam bulan sekali seharusnya cair di awal tahun, dan tahan keduanya di bulan ke enam, jangan seperti ini,” tambahnya.

Lanjut Herdi, rencana realisasi pembangunan di Desa Cogreg tahun 2018 ini pasti meleset.”Karena faktor anggaran yang belum ada, padahal, anggaran itu untuk pembangunan jalan lingkungan. Sedangkan sisanya untuk pemberdaayan,” tukasnya.

(dyn/b/sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *