News, Sport and Lifestyle

FMB Minta Disdik Data Sekolah Rusak

PAMIJAHAN – Forum Mahasiswa Bogor (FMB) meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) segera mendata sekolahan yang rusak berat dan sedang di seluruh Kabupaten Bogor.

Ketua FMB Sabri Maulana mengimbau jangan sampai hal itu terulang lagi karena kurangnya pengawasan di lapangan hingga tidak terdata Disdik Kabupaten Bogor. “Saya lihat banyak sekali kebocoran anggaran yang terjadi selama ini. Salah satu fakta di lapangan ditemukan bahwa sekolah yang rusak dikarenakan pembangunan sekolah menggunakan material yang tidak standar sehingga sangat mudah rusak,” kata Sabri kepada Metropolitan, kemarin.

Sabri mengatakan, hal semacam ini terus berulang dan membudaya di kalangan pemangku jabatan.

Karena itu dalam menentukan pembangunan sekolah harus melakukan perencanaan yang matang dengan terjun langsung ke lapangan, sehingga apa yang akan dibangun tepat sasaran. “Olehnya kami mendesak Pemkab Bogor khususnya Disdik melakukan pendataan riil terhadap sekolah rusak serta alokasi anggaran. Selain itu juga mendesak Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor membuat mekanisme pengawasan efektif terhadap pendidikan,” pintanya.

Ia mengungkapkan, untuk anggarannya disisihkan dari APBD. Jika masih kurang, bisa ajukan ke pusat. Jadi Pemkab Bogor jangan berkilah dengan alasan keterbatasan anggaran. “Ini hanya persoalan mau atau tidak Pemkab Bogor khususnya Disdik turun tangan menyelesaikan masalah, serta DPRD ikut mendorong dan mengawasi prosesnya,” pungkasnya.

(mul/b/sal/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *