Galian Tanah Merah Buat Sumur Warga Kekeringan

by -

TAJURHALANG – Keberadaan galian tanah di Kampung Jampang Desa Kalisuren Kecamatan Tajurhalang ternyata tak hanya membuat jalan licin dan berdebu. Bahkan lebih dari itu, akibat galian sumur warga mulai kering.

Salah seorang warga yang rumahnya tak jauh dari galian Ami (58) mengungkapkan, kalau sumurnya mulai mengalami kekeringan. Padahal sebelum adanya aktivitas galian tersebut sumurnya tidak pernah mengalami kekeringan kecuali saat kemarau panjang.

“Sejak mereka (pengelola-red) mengeruk tanah merah menggunakan alat berat, air sumur yang biasanya banyak, kini sudah mulai berkurang. Sehingga kami kesulitan air untuk keperluan mandi, masak dan cuci pakaian,” tuturnya kepada Metropolitan, kemarin.

Hal senada diungkapkan salah seorang warga. Pria yang tidak mau disebutkan namanya ini mengangku akibat adanya galian tanah merah tersebut, para petani kehilangan lahan untuk bertani. Pasalnya lahan yang dulunya digarap oleh petani, kini digali tanahnya. “Petani sekarang sudah sulit mencari lahan garapan untuk bertani, akhirnya petani kini kehilangan mata pencaharian,” pungkasnya.

(khr/b/sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *