Link Banner

NANGGUNG – Pemerintah Kabupaten Bogor telah menjadikan wilayah Gunung Pongkor di Kecamatan Nanggung ini, sebagai Geopark Pongkor bersama dengan pengembangan spot Geopark di 14 kecamatan lainnya di Kabupaten Bogor. Selain itu, petugas gabungan baik itu Polsek Nanggung dan Koramil Nanggung serta Pol PP akan terus menertibkan lubang-lubang galian gurandil.

Kapolsek Nanggung AKP Asep Supriadi, menuturkan kedepan, gurandil atau petambang emas tanpa izin akan semakin berkurang. Karena kedepan Nanggung ini akan menjadi wisata Geopark, jadi wisata tambang. Serta mengedepankan keindahan alam Nanggung, ini perlu tindakan koperensif dan perubahan pola pikir dari masyarakat yang asalnya masyarakat petambang jadi lebih beralih ke giatan-giatan lain yang lebih produktif, yang tidak berdampak pada kerusakan alam.

Makanya jajaranya akan coba, tahapan-tahapan dari sekarang, karena target tujuan wisata geopark itu di 2021. Ini harus semua pihak bekerja sama, jadi tidak hanya pihak kepolisian dan didukung oleh pola masyarakatnya.

“Kedepanya kita akan terus menerus kampanyekan ini, karna tidak hanya saat sekarang aja masyarakat berubah. Setelah ini kita kerja sama juga dengan pihak PT Antam dan Polsek, nantikan kita akan bikin acara yang bertema selamatkan sungai kita,”ujarnya.

“Nanti kita akan operasi kegiatanya di sekitaran Sungai Cikaniki targetnya itu, jadi mereka akan buang limbah ke sungai jadi sehingga muda tercemar,”ungkapnya.

Lebih lanjut tahap berikutnya ada penghijauan, karena hutan sebagian rusak akibat petambang emas ilegal yang tidak berizin.

“Lubang petambang emas ilegal itu bervariasi, ada horizontal dan vertikal. Jadi sangat berhaya, karena tidak tidak dibekali standar pengamanan,” ujarnya.

(mul/b/sal)

Link Banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here