METROPOLITAN – Sebagai bentuk upaya menumbuhkan kesiapsiagaan warga dalam menghadapi bencana alam, Kelurahan Sempur bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan melakukan simulasi siaga bencana longsor, 26 April mendatang. Sekaligus bertepatan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional.

Lurah Sempur Rena Da Frina mengatakan, kegiatan simulasi tersebut akan melibatkan seluruh masyarakat di kelurahan yang punya luas 60 hektar tersebut. Khususnya, warga Kelurahan Sempur yang tinggal di wilayah yang teridentifikasi rawan bencana longsor. “Kegiatannya, itu kami kolaborasi dengan BPBD Kota Bogor, bakal adakan simulasi bencana longsor. Titik kumpulnya di Taman Sempur Kaler. Sedangkan titik simulasi bencana ada di RT 3/2, tepat di bawah PKL Jalan Ceremai Ujung,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Pada titik kumpul tersebut, sambung Rena, akan dibangun tenda darurat, dapur umum, dan tenda PMI. Untuk mendukung kegiatan simulasi, agar warga benar-benar diberikan pengalaman dalam menghadapi bencana yang menjadi salah satu momok terbesar di Kota Bogor.

Menurut Rena, momentum ini pun bermanfaat dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, apa saja yang harus dilakukan saat terjadi bencana. Harapannya, Kelurahan Sempur bisa jadi kelurahan yang tangguh bencana. “Kami bersyukur, karena ini edukasi Kesiapsiagaan Bencana bagi warga, dan harapannya warga Kelurahan Sempur tangguh dan selalu siaga bencana,” pungkasnya.

(ryn/b/els)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here