Link Banner

METROPOLITAN – Polwan satlantas Polresta Bogor Kota punya Mojang Moge Pakuan, yakni satuan kepolisian yang bertugas mengamankan lalu lintas di jalanan Kota Bogor. Para polwan ini dalam tugasnya mahir dalam mengendarai motor besar, yang digunakan untuk berpatroli keliling Kota Hujan. Tepat hari ini, Mojang Moge Pakuan Polresta Bogor Kota berulang tahun yang pertama. “Mereka sudah setahun berdiri, memang dibentuk pada saat Hari Kartini, bagaimana eksistensi para polwan, yang bertugas dijalanan, sama seperti polisi pria. Dengan tugas yang sama, dalam mengamankan dan menjaga arus lalu lintas agar kondusif,” kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya, kemarin.

Ulung menambahkan, dalam menjalankan tugas, Mojang Moge Pakuan mengedepankan sisi humanis dan pendekatan persuasif kepada masyarakat, sehingga diharapkan keberadaannya bisa menjaga kondusifitas wilayah. “Mereka juga dekat dengan anak-anak, sebagai generasi penerus yang harus diisi dengan konsep-konsep yang baik, terlebih dalam berlalu lintas, sudah diajarkan sejak dini. Nah peran Mojang Moge Pakuan disini sangat penting,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Saltalntas Polresta Bogor Kota AKP Silvia Sukma Rosa mengaku, momen Hari Kartini merupakan titik balik dari pekerjaan yang dilakukan. Mengingat, beban sebagai polwan bukan hanya kewajiban menjaga keamanan dan ketertiban di jalan, tetapi juga menjaga kondisi keluarga agar tetap harmonis. “Sering kali kami bertugas di jalanan. Meninggalkan anak-anak. Nah ini dilematis, tetapi kami ajarkan mereka bagaiaman tanggung jawab pekerjaan itu penting. Momen Hari Kartini sebagai pengingat kita, bahwa perempuan dan laki-laki bisa setara dalam pekerjaan,” tandasnya.

Silvia berharap, kehadiran Mojang Moge Pakuan bisa menjadi warna baru untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat. Polwan Polresta Bogor Kota bisa menjadi simbol baru kepolisian yang lebih mengayomi dan memberikan rasa aman di masyarakat. “Stigma polisi itu seram, coba kami gerus, agar dekat dengan masyarakat, melalui Mojang Moge Pakuan ini,” pungkasnya.

(ryn/b/els)

Link Banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here