News, Sport and Lifestyle

PDPPJ Gandeng Disperindag Tera Timbangan di Pasar Padasuka

METROPOLITAN – Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PDPPJ), kemarin kembali lakukan tera timbangan dengan konsep gerilya dari kios ke kios di Pasar Padasuka. Kegiatan yang bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor ini, diawasi langsung Kepala Bagian Usaha dan Jasa Iwan Suwandi, Kepala Sub Bagian Jasa Pemberdayaan Pedagang Guna Gustana dan Kepala Unit Pasar Padasuka Sri karyatno.

Kegiatan ini dilakukan rutin PDPPJ Kota Bogor demi menjaga stabilitas timbangan yang baik dan jujur serta mengedepankan asas keadilan antara pedagang dan konsumen. Hal ini juga agar setiap pedagang jujur dalam melakukan timbangannya. “Kita cari seluruh timbangan yang dipakai sehari- hari oleh pedagang, supaya tidak terjadi kesalahpahaman antara pedagang dan konsumen. Kami dari PDPPJ tugasnya mengawasi,” kata Iwan Suwandi.

Kepala Unit Pasar Padasuka, Sri Karyatno, menuturkan bahwa banyak yang menjadi persoalan kalau pedagang tidak jujur dalam tera timbangannya. Selain merugikan pedagang karena akan mendapatkan sanksi, perbuatan itu juga merugikan PDPPJ. “Nanti citra pasar juga yang kena, kalau timbangannya enggak adil. Pasar akan sepi karena konsumen pindah ke tempat lain gara-gara kecurangan dalam timbangan. Makanya kami hadir serta menjelaskan kepada pedagang, dan mengajak pedagang kerjasama dalam hal ini,” ujarnya.

Setiap tahunnya PDPPJ melalui Sub Bagian Pemberdayaan Pedagang, mengawasi dan mengontrol tera timbangan seluruh pasar yang di kelola PDPPJ. Setiap waktu turun pegawai PDPPJ diterjunkan ke lapangan guna mengcek harga dan timbangan. “Alhamdulillah sudah turun angka kecurangan di tera timbangan. Bahkan tahun lalu hanya beberapa saja yang kurang tepat.

Itu juga karena ketidaktahuan pedagang. Dan kami akan terus bekerjasama dengan Disperindag untuk mengecek ke seluruh pasar,” tutup Guna Gustana yang merupakan Kepala Sub Bagian Jasa Pemberdayaan Pedagang.

(oi/ram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *