News, Sport and Lifestyle

Perdes Puasa Senin-Kamis Bikin Tim Penilai Menangis

CIJERUK – Lolos verifikasi lomba desa tingkat Kabupaten Bogor, Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk dikunjungi tim penilai lomba Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa(DPMD). Dalam kunjungan yang dilaksanakan baru baru ini ada yang tidak biasa. Sebab sambutan Ketua Tim Penilai Lomba Agus Lidwan. Bukan tanpa alasan, Agus terharu dengan Peraturan Desa (Perdes) Cibalung mengenai puasa untuk tidak merokok, minum, makan di ruang kantor desa pada Senin dan Kamis.

“Saya sangat terharu karena kondisi kantor Desa Cibalung ini masih kental dengan adat istiadat atau nilai keagamaan. Seperti pada penilain lomba desa kali ini, masyarakatnya dalam keadaan berpuasa, ini yang membuat saya terharu, “ucap Agus.

Dia menambahkan, puasa Senin-Kamis ini perlu di budayakan,dan ditingkatkan, karena untuk menambah keimanan dan ketakwaan. Sehingga menurutnya jarang kades membuat perdes puasa Senin-Kamis. “Ini antik dan perlu dicontoh desa lain, dan kita harus mematuhinya. Saya menghargai perdes ini,” tegasnya lagi. Sementara itu, Kades Cibalung Rusyadi Rusyadi menerangkan, perdes mengenai larangan makan, minum dan merokok pada waktu tertentu penuh tantangan.

I tu harus dipahami oleh warga ataupun tamu yang datang, namun hal tersebut bukan suatu paksaan dari kami. Warga masyarakat harus bisa menahan diri untuk tidak melakukan sesuatu yang telah menjadi aturan dan hal ini kami telah jalankan selama satu bulan sebelum kami keluarkan perdesnya,” kata dia. Rusyadi mengaku mengundang semua elemen termasuk LPM, MUI, BPD, RT/RW serta tokoh masyarakat sebelum mengetuk perdes tersebut.

(nto/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *