Polisi Usulkan Bahaya Narkoba Masuk Kurikulum Sekolah

by -

Upaya mencegah dan memutus mata rantai peredaran narkoba dikalangan pelajar, Kepolisian Resort Bogor (Polres Bogor) berkerjasama dengan Dinas pendidikan, Dinas kesehatan serta Badan Narkotika Nasional menandatangi nota kesepahaman dalam pencegahan peredaran dan bahaya narkoba melalui program Pencegahan, Penanggulangan, Penyalagunaan, Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) berbasis pendidikan. Diharapkan kedepan P4GN bisa masukan dalam kurikulum sekolah.

Laporan : Ade Sumantri.

 Kasat Narkoba Polres Bogor AKP Andri Alam mengatakan, dari pihak kepolisian tentu sangat mendukung adanya kerjasama P4GN yang nantinya bisa di masukan dalam kurikulum anak sekolah. Pencegahan dan penyadaran terhadap siswa akan bahaya narkoba harus gencar disampaikan, terutama dikalangan pelajar.

Andri menjelaskan, kerjasama ini berdasarkan TR Kapolda Jabar ST/929/III/Res.4.2/2018, pada 27 Maret 2018, terkait MOU kepolisian Resort dengan Pemerintah Kabupaten Bogor. “Koordinasi P4GN berbasis pendidikan ini, untuk mencegah supaya generasi muda tidak terjerumus narkoba,” ujarnya.

Andi menambahkan, malalui program P4GN berbasis pendidikan, diyakini mampu menyadarkan masyarakat khususnya bagi generasi bangsa, agar jangan sampai ikut mencoba barang haram tersebut. Respons dinas terkait dinilai sangat mendukung program Polres Bogor supaya P4GN di masukan dalam materi pembelajaran siswa. “Ini awal yang baik. Narkoba harus menjadi musuh bersama,” katanya.

Kedepan, lanjut Andri. KurikulumP4GN dalam pelajaran siswa, dapat menjadi senjata efektif dalam menekan angka penyalahgunaan narkoba serta menjadikan putra putri bangsa jauh dari penyalah gunaan narkotika. “Kita dari kepolisian terus berikhtiar, semoga dengan adanya ini (MoU P4GN) bisa melindungi anak cucu kita kelak,” kata Andri. Pada kegiatan penandatanganan nota kesepakatan ini hadir Kadis Pendidikan Kabupaten Bogor, Dinas Kesehatan, Kasat Narkoba Polres Bogor, BNN Kabupaten Bogor serta 135 Kepala Sekolah SD, SMP / MTS.

(ads/dik/c)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *