Ratusan masa dari berbagai komunitas pencinta alam memadati bantaran kali Cisadane. Bahkan ada yang sengaja datang dari luar Bogor. Seperti, dari Jakarta Utara, Purwakarta, Bandung, dan Cikarang Bekasi. Mereka berkumpul untuk memperingati Hari Bumi 2018, dengan memberisihkan sungai dan menanam pohon.

Laporan : Yosan Hasan

Kegiatan tersebut diinisasi oleh Komunitas Relawan Giat Cisadane (Regaci) Bogor dan Muspika Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, setidaknya ada 47 komunitas yang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Ketua Panitia Budi Abdul Majid, mengatakan acara yang dilaksanakan itu merupakan bukti nyata untuk menyelamatkan lingkungan dimasa depan, dan agar terhindar dari sampah yang bisa menyebabkan berbagai macam bencana. “Selain bebenah kali Cisadane, kami juga melaksanakan penanaman pohon dibeberapa titik lokasi. Hal ini, agar bantaran kali tidak mudah tergerus air dan menjadi upaya mencegah banjir,” ujarnya kepada Metropolitan kemarin.

Untuk saat ini Budi bersama komunitas lainnya berupaya untuk menyelamatkan yang lingkungan yang suah tercemar. Artinyaia bersama teman-teman komunitas yang lain terus menciptakan lingkungan yang asri dan bebas dari sampah. “Kami berharap, setelah kegiatan ini berlangsung bisa menjadi edukasi agar limbah sampah tidak lagi dibuang ke sungai, atau kelokasi yang menyebabkan bencana banjir. Bahkan, dengan kegiatan ini bisa menularkan warga agar mencintai lingkungan,” terang lelaki kelahiran Bogor 22 Juli 1971 itu.

Sementara itu, perwakilan Komunitas Capung Jarum asal Purwakarta Audi menambahkan, pihaknya mengapresiasi kegiatan yang dicetuskan oleh Regaci dan Muspika Bogor Barat. “Setelah pulang dari kegiatan ini, kami akan mengaplikasikan diwilayah Purwakarta. Karena sampah salah satu masalah yang tak pernah berhenti menjadi pembahasan. Kalau bukan kita, mau siapa lagi,” tandasnya.

Pantauan Metropolitan, sediktinya terdapat enam perahu apung yang disiapkan panitia acara. Perwakilan Muspika Kecamatan Bogor ikut serta dalam mengarungi bantara Kali Cisadane sejauh satu kilo meter (jembatan ledeng-gang bengkong, red). Mereka ikut serta dalam memantau kegiatan dan kebersihan lingkungan.

(yos/b/mam)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here