News, Sport and Lifestyle

Tips Jitu Bisnis Online CEO Bukalapak

METROPOLITAN – Banyaknya jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Bogor menjadi perhatian CEO Bukalapak, Achmad Zaky. Ia menilai Bogor memiliki potensi besar untuk pengembangan bisnis perdagangan dalam jaringan (daring). “Apalagi Bogor punya IPB dengan riset pangan, usaha pertaniannya, produk-produk pertanian bisa dipasarkan di bisnis e-commerce,” ujarnyausai mengisi acara Supermentor di IPB Internasional Convention Center (IICC).

Menurut Zaky, minat untuk menjadi pengusaha muda itu cukup besar. Dari survei yang dilakukannya saat acara berlangsung, hampir semua yang hadir ingin menjadi pengusaha. Dan menurutnya Bogor menjadi salah satu kota yang memiliki potensi yang sangat besar. “Menurut saya, Bogor itu kota pengusaha, berpotensi,” terangnya.

Zaky menilai anak muda sekarang memiliki semangat luar biasa menjadi pengusaha sehingga harus terus didukung oleh semua pihak. Untuk menjadi sukses seperti dirinya, Zaky membagi tiga pesan yakni mau belajar dan berkarya, tidak takut gagal dan fokus pada tujuan. Tujuan yang dimaksud bukanlah uang, tetapi menjadi bermanfaat untuk orang banyak. “Jangan lupa kerja keras, jangan pernah menyerah kalau gagal. Gagal itu pelajaran yang paling efektif untuk menjadikan kita sukses berbisnis,” katanya.

Terkait bisnis berbasis teknologi internet, Zaky menilai sangat potensial harus diisi oleh anak-anak muda Indonesia. Sebagai contoh di Amerika Serikat sudah sangat maju, teknologi menyumbang 25 persen untuk GDP, sedangkan pertanian hanya 1,5 persen.

Berbeda dengan Indonesia yang basisnya masih pertanian. Walau pertanian penting, tetapi pertanian minimal menyumbang lima persen sudah bagus. “Teknologi ini sudah bagus, kalau kita tidak bermain, Indonesia hanya akan menjadi konsumen. Seperti di telepon genggam, kita sudah tidak bisa bermain, sudah jadi konsumen. Dan sekarang di teknologi, anak mudah Indonesia harus mengisi ruang-ruang di atas ini,” kata Zaky.

Ia juga menjelaskan, saat ini platform bisnis berbasis teknologi yang berkembang pesat seperti Bukalapak yang telah memiliki pendapatan hingga 13 triliun, dengan jumlah pekerja 1.500 orang, dan jumlah pedagang kecil yang bergabung mencapai tiga juta UKM.

(mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *