News, Sport and Lifestyle

Warga Gadog Dilatih Jinakkan Si Jago Merah

MEGAMENDUNG – Tidak seperti biasa, Warga Rw 03, Desa Gadog, Kecamatan Megamendung berkumpul mengelilingi api bersama petugas Pemadam kebakaran (Damkar). Warga seksama memperhatikan cara – cara memadamkan api. Bahaya kebakaran biasanya terjadi akibat kelalaian dari para penghuni rumah,hal – hal sepele bisa jadi pemicunya.Buang puntung tokok sembarangan,atau lupa mematikan kompor,bahkan dari petasan yang jadi mainan anak – anak bisa juga menyebabkan kebakaran.

Sadar akan hal itu warga Rw 03 desa Gadog,meminta kepada dinas pemadam kebakarana (Damkar) Untuk melakukan simulasi cara pertama memadamkan kebakaran, jika musibah tersebut terjadi. Wargapun antusias merespon adegan demi adegan yang diperagakan oleh petugas damkar,dari mulai sikap tenang terjadi kebakaran hingga tatacara pemadaman api.

“Ini sangat membantu,setidaknya warga jadi tahu cara awal memadamkan api apabila terjadi musibah kebakaran,” ungkap ketua RW 03 Yunus Iskandar. Dia juga mengatakan,apabila ada kelalaian yang disebabkan warga,mungkin cara – cara yang diajarkan bisa dipraktekan. “Kami sudah tahu caranya,mudah – mudahan bisa dipahami dan dipraktekkan,” harap dia.

Senada, Ketua RT 03 Syamsul Hadi merespon positif kegiatan tetsebut. Edukasi tata cara pemadaman kebakaran sangat diperlukan. “Ini hal langka,tidak semua orang dapat pengajaran seperti ini,jika nantinya ada kebakaran,setidaknya warga bisa cepat antisipasi,” ujarnya. Warga Gadog, Inggit memberikan apresiasi atas kedatangan damkar ke kampungnya. “Kemarin ketika ada sarang lebah,damkar datang,sekarang malah mau sosialisasi untuk kebakaran,”katanya.

(ash/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *