News, Sport and Lifestyle

Warga Kampung Gunung Bangkok Meradang

CARINGIN – Warga Kampung Gunung Bongkok, Desa Pasir buncir, ngotot menghentikan upaya Cv Berkah Tirta Cisalopa sebagai perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang akan menambah debet air bagi produk mereka dengan cara memperdalam sumur bor yang sudah ada, di Lingkungan Rt 04/03, Kampung Gunung Bongkok, Desa Pasir Buncir.

“Kami menolak,apapun alasannya,kami tidak ingin musibah kembali terjadi di sini,” tegas warga sekitar Yusuf ramdani. Dia menjelaskan, dahulu sumur bor itu memang mendapat izin dari warga,karena hanya untuk pengisian tangki air. Tapi meskipun hanya dengan pengambilan terbatas, efeknya begitu meresahkan.”Kini sumur itu diperuntukkan bagi AMDK,jelas kapasitas pengambilannya lebih banyak,kami tidak bisa mengizinkan. Pihak perusahaanpun enggan duduk bareng dengan warga,” paparnya lagi.

Keberatan masyarakat disanggah oleh orang kepercayaan pabrik ,Engkos,dia mengatakan, di wilayah RT 03 RW 03 tidak ada pengeboran baru,menurutnya sumber air dan bangkernya telah ada diperkirakan sejak tahun 2014 lalu, jadi pihak pabrik merasa tidak perlu lagi meminta ijin lingkungan kepada warga setempat.

“jadi yang sekarang itu bukan pengeboran melainkan hanya penggantian pipa air, yang lama di ganti yang baru, karena yang lama telah banyak yang bocor, dan air yang tadinya dibuang percuma kini di alihkan ke pabrik, “ujarnya. Dia juga mengklaim izin lingkungan telah ditempuh,dan warga di sekitarnya telah mengijinkan adanya pabrik AMDK, “Izin ke dinas lagi diurus, sama orang lain, saya hanya ijin warga saja, “terangnya.

Sekdes Pasir Buncir Yanto,menyarankan, agar pihak media menghubungi dulu kedua belah pihak antara lain masyarakat dan ketua RT, RW, m “Coba konfirmasi saja dulu ke warga dan juga ketua RT, RWnya,kalau sudah ke dua-duanya,nanti kita bahas bersama dikantor desa, biar jelas semuanya, jadi masukan dari warga dan ketua RT dan RW kita rembukan di desa, “ucapnya ketika dihubungi melalui telepon.

Perlu diketahui, 2008 menjadi catatan kelam tersendiri bagi warga Gunung Bongkok Desa Pasir Buncir. Betapapun lama berlalu, kejadian tersebut masih melekat kuat pada ingatan warga.Pada malam itu,bumi bergetar dan terbelah sepanjang 400 meter dengan lebar sekitar 5 meter. “Saya masih ingat betul kejadian itu,bumi terbelah sepanjang kira – kira 400 meter,lebarnya,kambingpun bisa masuk kedalam belahan itu,” ungkap anggota BPD Desa Pasir Buncir Hamdi.

Hal serupa juga diungkapkan warga lainnya Syarifudin,dia sedang jaga malam beserta rekan sejawat,tiba – tiba tanah bergetar dan amblas. Dirinya mencoba selamatkan ikan – ikan yang akan terbawa patahan itu. “Batangan pisang sebesar tubuh manusiapun tak sanggup menahannya,” papar dia.

(nto/ash/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *