News, Sport and Lifestyle

5 Masjid Terindah dan Termegah di Dunia

METROPOLITAN – Masjid merupakan tempat suci bagi umat Islam. Selain tempat untuk ibadah, masjid juga menjadi tempat untuk memanjatkan doa para kaum muslimin. Namun seiring dengan perkembangan waktu dan zaman, kini banyak masjid-masjid di banyak negara memiliki aneka ragam arsitektur yang megah dan indah.  Memasuki bulan Ramadan menjadi momentum yang tepat untuk mengintip keindahan arsitektur islam. Berikut adalah 5 masjid dengan gaya arsitektur terindah di dunia seperti dilansir dari Wonderlist, Kamis (7/7/2016):

1. Masjidil Haram, Mekkah

http://www.wonderslist.com/wp-content/uploads/2013/07/Al-Haram-Mosque.jpg

Masjid ini merupakan masjid terbesar di dunia yang mampu menampung hingga 4 juta orang ketika musim haji datang. Struktur bangunan saat ini mencakup area seluas 40,800 meter persegi atau sekria 99 hektare (Ha), termasuk ruang shalat outdoor dan indoor. Masjid yang terletak di Kota Mekkah, Arab Saudi ini menjadi pusat arah kiblat di dunia dengan keberadaan Ka’bah di dalam masjid.

 

2. Masjid Nabawi, Madinah

http://www.wonderslist.com/wp-content/uploads/2013/07/Al-Masjid-an-Nabawi.jpg

Masjid Nabawi merupakan masjid terbesar kedua di dunia. Masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad SAW, yang terletak di Kota Madinah. Tempat yang paling terkenal di tempat ini adalah terdapatnya makam Nabi Muhammad. Dahulu masjid ini dibangun menggunakan kayu yang kemudian dibangun kembali dan direnovasi beberapa kali di akhir abad ke-15 dan sekali pada tahun 1817. Kubah pertama dicat hijau pada tahun 1837.

Masjid ini juga dikenal sebagai Bayt al-Muqaddas yang menjadi situs tersuci Islam ketiga. Masjid ini juga yang menjadi saksi akan perjalanan Nabi Muhammad yang dikenal dengan Isra dan Mi’raj.

4. Hassan II, Mosque, Maroko

Beautiful Mosques

Masjid ini terletak di Casablanca, Maroko yang menjadi masjid terbesar di Maroko dan terbesar ke-7 di dunia. Selain itu juga masjid memiliki menara masjid terjangkung di dunia dengan ketinggian 210 meter. Pembangunannya selesai pada 1993, menara terdiri dari 60 lantai. Masjid ini menghadap ke arah Samudera Atlantik. Dinding marmer melapisi masjid yang memiliki daya tampung sebanyak 105.000 orang.

5. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunei

Beautiful Mosques

Masjid ini merupakan masjid royal yang terletak di Bandar Seri Begawan. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin dianggap menjadi masjid paling indah di Asia Pasifik dan telah menjadi landmark serta daya tarik wisata. Masjid ini dibangun dengan sebuah laguna buatan di tepi Sungai Brunei di Kampung Ayer. Masjid memiliki menara-menara marmer dan kubah-kubah emas dengan halaman dan taman yang rimbun penuh air mancur. Masjid menyatukan gaya arsitektur Mughal dan Italia.

SUMBER : okezone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *