Link Banner

METROPOLITAN – Tidak selamanya tempat yang menarik itu mudah dijangkau dan aman untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata bahkan berada di daerah terpencil atau berada di daerah yang rawan konflik. Namun keindahan alamnya tetap membuat wisatawan nekad untuk mendatanginya.

Jika ingin mengunjungi tempat-tempat berikut ini, wajib hukumnya untuk selalu waspada dan berhati-hati. Sebab tempat-tempat berikut berada di daerah terpencil, berbahaya dan juga berada di daerah rawan konflik. Namun demikian kecantikan panorama di tempat berikut tidak ada duanya. Berikut 5 tempat wisata paling ekstrim di dunia.

1. Band-e-Amir Lakes – Afghanistan

Membaca keterangan tempat wisata berikut ini mungkin sudah membuat Anda berfikir dua kali untuk mengunjunginya. Band-e-Amir Lakes merupakan sebuah danau yang biru dan berada di tengah-tengah gurun pasir. Danau cantik ini berada di Afganistan, sebuah negara di timur tengah yang sering terjadi konflik dan peperangan di dalamnya.

Band-e-Amir Lakes via Telegraph

Untungnya Band-e-Amir Lakes berada di Provinsi Bamiyan yang merupakan sebuah provinsi paling aman di negara tersebut dan jauh dari kata perang, warganya pun terkenal sangat ramah pada turis asing yang datang ke sana. Danau yang memiliki warna air biru safir nan jernih ini terletak di Pegununga Hindu Kush sekitar 241 km sebelah barat Kota Kabul. Kawasan ini menjadi Taman Nasional pertama di Iran setelah ditetapkan pada tahun 2009.

2. Ciudad Perdida – Kolombia

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata Kolombia? Sebagian besar pasti memikirkan tentang kartel dan genk narkoba. Itu tidak salah, gembong narkoba paling terkenal di dunia Pablo Escobar berasal dari negara ini. Namun jauh di pedalaman hutan Kolombia terdapat sebuah situs purbakala berupa reruntuhan bangunan berusia 1.300 tahun.

Ciudad Perdida via Paradise

Reruntuhan bangunan tersebut bernama Ciudad Perdida atau disebut juga dengan The Lost City. Ini merupakan situs peninggalan Suku Tayrona, mirip dengan Machu Pichu yang ada di Peru. Namun untuk menuju tempat ini dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Selain harus melewati rute sejauh 40 km, keberadaan Ciudad Perdida ternyata berdekatan dengan Santa Marta Mountains, sebuah kawasan penghasil kokain yang berisi banyak pemberontak. Keselamatan wisatawan begitu rentan saat berada di kawasan ini.

3. Mount Damavand – Iran

Jika Anda memiliki cukup nyali datanglah ke Mount Damavand dan takhlukkan puncaknya. Ini merupakan gunung berapi tertinggi di Asia. Ketinggian Mount Damavand mencapai 5.671 mdpl dan berada di tengah-tengah Pegunungan Alborz.

Mount Damavand via Tumblr

Mount Damavand memiliki jalur trekking yang paling keren di dunia namun sayang tidak banyak pendaki yang datang untuk menakhlukkannya. Untuk diketahui bahwa Mount Damavand merupakan salah satu ikon dari negara Iran. Gambar gunung ini bisa dengan mudah ditemukan pada pecahan uang kertas dan juga kemasan air mineral negara tersebut.

4. Kashmir – India

Tujuan wisata yang satu ini bisa jadi sangat tidak cocok untuk mereka yang takut dengan ketinggian. Masalahnya atraksi yang menjadi incara para turis di tempat ini adalah sebuah elevator yang akan membawa Anda ke ketinggian empat kilometer di atas permukaan air laut menuju Mount Apharwat. Adalah Kashmir, sebuah dataran tinggi yang terletak di perbatasan India-Pakistan.

Kashmir via Telegraph

Dulu kawasan ini menjadi rebutan antara kedua negara tersebut yang menyebabkan perang tak berkesudahan. Tak heran jika kedua negara tersebut merebutkan Kashmir soalnya di sana terdapat sebuah resor ski paling populer bernama Gulmarg. Di resor inilah elevator tertinggi di dunia berada dan menjadi incaran para turis lokal maupun mancanegara.

5. Gunung Nyiragongo – Kongo

Gunung Nyiragongo berada di Republik Demokratik Kongo tepatnya di kawasan Virunga National Park, Kota Goma. Dibandingkan dengan daftar tempat wisata sebelumnya, gunung ini terbilang tempat yang paling berbahaya sebab lokasinya berada di daerah konflik. Berbagai serangan yang dilancarkan oleh kelompok pemberontak sangat sering terjadi, oleh sebab itu sampai peneliti pun jarang sekali berani datang untuk melakukan riset di gunung ini.

Gunung Nyiragongo via CNN
Gunung Nyiragongo via CNN

Ketika Taman Nasional ini dibuka untuk wisatawan kembali banyak traveler yang berminat untuk mendaki ke puncaknya. Ternyata di puncak gunung Nyiragongo ini terdapat sebuah danau lava terbesar di dunia, lebarnya 250 meter yang sangat keren. Namun perlu diingat selain kawasannya yang rawan konflik ternyata lingkungan sekitar gunung juga sangat berbahaya karena terdapat kandungan asam dan partikel logam halus di udaranya. Virunga National Park sendiri merupakan rumah bagi Gorila Kongo yang sangat langka.

Karena lokasi tempat wisata yang baru saja dibahas berada di daerah terpencil, berbahaya dan penuh dengan konflik ada baiknya Anda mempertimbangkan matang-matang sebelum menjelajahi daerah tersebut.

 

SUMBER : travelingyuk.com

Link Banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here