Selama 40 hari 20 penyandang tuna netra selesai mengikuti Training of trainer (TOT) Al-Quran Braille di markas Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Tingkat Kabupaten Bogor, kemarin. Pelatihan ini pertama dan terbesar di Indonesia ini mendapatkan perhatian dari berbagai kalangan. Selain dihadiri anggota DPR RI Komisi III Taufiqulhadi dan Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor Wasto, danramil Cibinong dan beberapa pejabat di Dinas Sosial Kabupaten Bogor.

Ketua Umum IPSM Dian Firmansyah mengaku bangga atas semangat para anggota IPSM dalam mendukung program pelatihan tersebut. Menurut dia, pelatihan pelatih Al-Quran Braille ini,pertama kali diadakan di Kabupaten Bogor. “Saya berharap para peserta ini, nantinya bisa mengajarkan terhadap keluarga atau tetangganya yang mengalami tuna netra,’’ ujar Dian.

Menurut Dian, acara ini belum terperhatikan semua orang. Namun dirinya mencoba dalam mengapresiasi keinginan dan kebutuhan mereka akan pentingnya untuk kemampuan membaca Al-Quran Braille. “Harapan kami mereka bisa membaca Al Quran Braille. Apa lagi mereka bisa menularkan terhadap orang lain. Ini merupakan langkah untuk menumpaskan buta huruf baca Al-Quran Braille di Kabupaten Bogor,’’ ujarnya.

Direktur Saku Amanah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Kabupaten Bogor Relief Ferhat menuturkan, peserta TOT ini berasal dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Bogor, namun ada juga yang dari wilayah Kota Bogor. Acara ini, lanjut dia, respons dari keinginan pengurus dan anggota Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) beberapa waktu lalu. “Saat itu mereka disumbang Al Quran Braille. Nah kami tindaklanjuti dengan TOT ini,’’ ujarnya.

Salah satu peserta Wahyu merasa bangga bisa mengikuti pelatihan Al Quran Braille. Selain menambahkan kawan baru, warga Ciomas ini mengaku pelatihan juga jadi ajang silaturahmi. “Mudah-mudahan ilmu yang dibekali dari IPSM ini bisa bermanfaat dan nanti buat bekal mengajar warga di sekitar rumah saya,” katanya.

(mul/b/els)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here