Camat Adi Novan Ikut Patroli Selama Puasa

by -

Wilayah Kecamatan Bogor Timur dikenal sebagai titik rekreasi di Kota Bogor. Sebab, banyak restoran, tempat hiburan, toko-toko hingga pusat perbelanjaan berada di daerah yang punya luas 235 hektar tersebut. Memasuki bulan Ramadan, Camat Bogor Timur, Adi Novan, pun memastikan kenyamanan ibadah puasa warga dengan menggiatkan patroli seputaran wilayah, sebelum Ramadan bergulir.

Adi menerangkan, secara umum, menjelang Ramadan, dirinya ngin memastikan kenyamanan dalam menjalankan ibadah puasa. Caranya, bersama Muspika melakukan semacam patroli serta memberikan himbauan kepada tempat-tempat hiburan, kafe dan restoran. “Untuk bisa sama-sama menghargai, melaksanakan puasa terutama umat muslim yang menjalankan puasa. Agar mencapai ketenangan,” katanya saat ditemui Metropolitan, kemarin.

Mantan kepala Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora) Kota Bogor ini menambahkan, kalau memungkinkan pihaknya akan tetap turun ke lapangan saat puasa. Untuk memastikan kepatuhan para pengusaha terhadap himbauan yang sudah dilakukan. “Nanti turun pada saat puasa, ya cek ke lapangan, dilaksanakan atau tidak imbauan dari kami,” imbuhnya.

Selain itu juga, berkaitan dengan kekhawatiran masyarakat akan peredaran dan konsumsi minuman keras beralkohol di wilayah Bogor Timur. “Kami sasar juga warung, kios, yang disinyalir tempat peredaran miras,” terangnya.

Kecamatan Bogor Timur pun akan menggiatkan Tarawih Keliling (Tarling) di beberapa musala di enam kelurahan. Meskipun di level Muspida pun ada rencana program Tarling, Adi mengaku Tarling yang ia giatkan diluar dari agenda Muspida. Ia merencanakan satu kelurahan satu musala, artinya selama sebulan Ramadan ada enam musala yang akan dikunjungi.

“Paling ada tarling, selain ada tingkat muspida, kami juga tarling tingkat kecamatan. Sasarnya ke musala-musala. Kalau Masjid levelnya kota, sering dapat bantuan. Nah untuk musala, Insya Allah ada bantuan dari kecamatan. Bentuk bantuannya nanti seperti apa, bisa uang atau barang. Satu kelurahan satu lah,” tuntasnya.

(ryn/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *