NANGGUNG – Tingginya intensitas hujan membuat beberapa ruas jalan poros kabupaten di beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor bagian Barat banyak yang rusak parah. Salah satunya jalan poros kabupaten di Kampung Anyar, Desa Parakanmuncang, Kecamatan Nanggung, yang ambles dan nyaris putus hingga memakan hampir separuh badan jalan.

Akibatnya, jalan yang berada di jembatan tersebut nyaris tak bisa dilalui. Sebab, jalan itu merupakan akses satu-satunya yang menghubungkan beberapa desa di Kecamatan Nanggung. Jalan tersebut ambles sedalam kurang lebih satu meter dengan kondisi tanah di bawahnya longsor sehingga tampak menyerupai lorong.

Menurut warga setempat, Gagan Ginanjar (36), bila terus diguyur hujan dan tidak cepat diperbaiki maka jalan dan jembatan akses penghubung antardesa tersebut terancam putus dan hampir tak bisa dilalui kendaraan. “Tapi kalau tidak cepat diperbaiki dan dibiarkan jalan yang ambles itu, lama-lama bisa putus jalannya. Warga kasihan nantinya kalau mau ke kantor Kecamatan Nanggung bisa mutar lewat wilayah kecamatan lain,” ujarnya.

Sementara salah seorang pegawai yang setiap hari melintasi jalan tersebut, Irvan Setiawan, memaparkan bahwa amblesnya jalan itu disebabkan gerusan hujan deras yang terjadi beberapa hari lalu. Diperparah lagi dengan gerusan air sungai di bawahnya.

Jika dibiarkan, dapat dipastikan akses jalan ini terancam putus. Amblesnya jalan tersebut membuat pengendara harus pelan-pelan melewatinya. Selain itu juga hanya bisa dilalui sepeda motor dan mobil pikap saja.

Terpisah, Pengawas Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan Wilayah VI Cigudeg Idis membenarkan hal tersebut. Pihaknya berharap jalan tersebut secepatnya diperbaiki, mengingat jalan itu merupakan akses jalan utama untuk aktivitas perekonomian warga dan lainnya.

“Sudah kami sampaikan dan laporkan ke dinas terkait. Bahkan rencananya besok akan ditinjau dan langsung dilakukan penanganan sementara dengan dilakukan pengurukan memakai agregat. Tetapi untuk perbaikan menyeluruh, kami belum tahu,” pungkasnya.

(khr/b/sal/run)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here