Link Banner

METROPOLITAN – Minyak kletik sangkara ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Diantaranya, baik untuk penderita penyakit diabetes, merawat kulit kepala, mengontrol berat badan, membasmi infeksi jamur, meningkatkan sistem imun, sehat untuk jantung, dan untuk perawatan rambut.

Tapi, untuk mendapatkan produksi minyak kletik tak mudah. Terlebih dikasawasan perkotaan saat ini. Kendati begitu, di RT03/06, Kelurahan Cibogor, Kecamatan Tengah, Kota Bogor terdapat home industri yang membuat minyak tersebut. Dikemas dalam botol berukuran 65 mlg, minyak kletik saat ini dibandrol Rp8000 per botolnya.

Distribusinya, toko ritel diwilayah Bogor dan sekitarnya.

Lurah Cibogor Arif Rusdiman mengatakan, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) minyak kletik tersebut salah satu upaya pemberdayaan perekomian warga yang sudah berlangsung sejak lama, dan terus bertahan hingga saat ini. “Penjualannya sudah merambah hingga ke Jabodetabek,” ujarnya kepada Metropolitan.

Dia berharap, salah satu UMKM diwilayah tersebut bisa menjadi contoh bagi warga lainnya yang berdomisi di Kelurahan Cibogor, sehingga bisa terciptanya warga mandiri.

Kami perwakilan pemerintah mendukung atas prodak yang diproduksi ini. Semoga, tetap bertahan dan semakin dikenal hingga keluar wilayah Bogor,” harapnya.

Selanjutnya, dia menjelaskan, istilah minyak klentik dikenal khususnya di Jawa, untuk menyebut kepada jenis minyak goreng yang dihasilkan dari pengolahan santan kelapa secara tradisional dengan cara pemanasan.

Minyak ini berbeda dengan minyak goreng dalam kemasan atau curah yang biasa kita jumpai di toko-toko atau supermarket. Minyak klentik memiliki warna yang jernih kuning keemasan dengan aroma yang khas minyak kelapa,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Kasi Ekbang) Kelurahan Cibogor Andi Lesmana menambahakan, sedangkan minyak goreng dalam kemasan yang umum digunakan dan dijumpai di toko atau supermarket adalah minyak yang berasal dari buah kelapa atau kelapa sawit yang telah melalui proses-proses pemurnian kembali.

Proses pemurnian minyak kelapa bertujuan untuk menurunkan atau meniadakan kandungan unsur tertentu sehingga didapatkan minyak kelapa yang memenuhi standar kesehatan yang ditetapkan. Diantaranya, adalah asam lemak bebas peroksida, iodine value yang diupayakan menjadi seminimal mungkin,” pungkasnya.

(yos/b/yok)

Link Banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here