Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bogor terus mengoptimalkan fungsi pengawasan untuk Pilkada 2018. Salah satunya dengan merekrut Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak jumlah TPS yang ada di Kabupaten Bogor yaitu 7635 pengawas. Perekrutan Pengawas TPS ini diharapkan semakin mempertajam fungsi pengawasan hingga tingkat bawah.

Ketua Panwaslu Kabupaten Bogor Ridwan Arifin mengatakan, pendaftaran Pengawas TPS sudah dimulai sejak 21 – 27 Mei 2018. Masyarakat yang ingin mendaftar bisa menghubungi langsung Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di masing-masing kecamatan. Nantinya, Panwaslu akan mengambil satu orang untuk setiap TPS.

“Masa pendaftran sudah dimulai. Pertama 21-25 Mei itu pengumuman pendaftaran terlebih dulu. 21-27 Mei penerimaan dan penelitian berkas dan 28 Mei perbaikan berkas. Pengumuman hasil penelitian berkas 31 Mes, Tes wawancara 1 Juni, pengumuman hasil tes 2 Juni dan pelantikan 3 Juni,” kata Ridwan saat ditemui Metropolitan usai Rapat Koordinasi Pembentukan Pengawas TPS di Hotel Olimpic, Sentul.

Selama masa perekrutan, Panwaslu juga menerima aduan masyarakat terkait rekam jejak para calon anggota Pengawas TPS. Panwaslu akan mengumumkan nama-nama calon pengawas untuk selanjutnya meminta tanggapan masyarakat. Langkah ini dilakukan untuk memastikan anggota pengawas yang terpilih tidak berafiliasi dengan partai politik maupun calon tertentu.

“Makanya kami buka tanggapan masyarakat karena Pengawas TPS ini menjadi ujung tombak di tiap TPS. Kami meminta masyarakat berpartisipasi aktif agar pengawas yg direkrut benar-benar netral dan berintegritas,” harapnya.

Jika ada aduan masyarakat terkait rekam jejak calon pengawas yang tidak sesuai, Panwaslu akan mengambil langkah tegas dengan memberhentikannya. Tentunya, setelah melalui proses klarifikasi dan terbukti. Panwaslu juga akan membuka perpanjangan waktu perekrutan selama dua hari mulai 29-30 Juni jika ada TPS yang belum terisi pengawasnya.

“Memang kendalanya diperekrutan karena berbarengan dengan penerimaan KPPS oleh KPU dan pasti partai juga merekrut untuk saksi. Tapi kami sudah berkomunikasi dengan pihak desa untuk menyosialisasikan ini,” tandas Ridwan.

(fin/dik/e/run)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here