Pertahankan Top BUMD

by -

METROPOLITAN – PD Pasar Tohaga Kabupaten Bogor dapat penghargaan berturut-turut. Perusahaan daerah milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor ini bisa mempertahankan TOP BUMD 2018, penghargaan diberikan langsung kepada Bupati Bogor Nurhayanti sebagai pembina PD Pasar Tohaga.

Humas PD Pasar Tohaga Isni Jayanti, menuturkan, tahun lalu PD Pasar Tohaga berhasil meraih TOP BUMD 2017. Di tahun ini, PD Pasar Tohaga berhasil mempertahankan lagi TOP BMUD 2018, di ditambah mendapatkan predikat Top Ceo terbaik, H. Romli Eko Wahyudi, selaku Dirut PD Pasar Tohaga. “Selain itu, Bupati Bogor mendapat predikat pembina top bumd tahun 2018. Indikasinya karena satu perusahaan dinilai semakin sehat berdasarkan hasil audit independent dan pendapatan yang meningkat di tahun 2018,” ujar Isni.

Isni mengatakan, PD Pasar Tohaga, mampu menghidupkan pasar dan meningkatkan keramaian pasar, dengan membuat sayembara umrah gratis bagi pedagang dan pembeli pasar tradiisional di bawah pengelolaan tohaga. Bahkan menargetkan pasar ramah difabel dan pasar ramah lansia. “Harapannya pasar rakyat terus menjadi penopang perekonomian  rakyat dan tetap berjaya ditengah himpitan pasar pasar ritel. Penghargaan berturut-turut TOP BUMD, serta Bupati Bogor selaku Pembina BUMD terbaik,” pungkasnya.

Direktur Utama PD Pasar Tohaga Kabupaten Bogor Romli Eko Wahyudi mengatakan, ada empat aspek penilaian yang dilihat yaitu keuangan, operasional, kreativitas dan ketaatan pada aturan. Keuangan dilihat dari hasil penilaian Kantor Akuntan Publik (KAP), pemeriksaan lembaga yang berwenang, pergerakan nilai modal dan keuntungan serta keberhasilan mempertahankan laba. “Operasional dari sistem pelayanan kepada para pedagang, manajemen masalah dan strategi penyelesaiannya. Selain itu hubungan dengan pedagang yang baik sangat memberikan pengaruh pada keberhasilan program perusahaan daerah,” ujar Eko.

Menurut Eko, kreativitas perusahaan yang dipimpinnya dinilai baik karena adanya Tohaga Mikro. Program ini merupakan pembiayaan lewat koperasi kepada pedagang. Ada juga Tohaga Logistik, usaha mempertahankan harga dan keamananan stok pangan. Selain itu adanya satgas pangan aman dan acara pasar rakyat berhadiah. “Hadiah umrah dan program pasar layak anak juga juga dinilai baik. Kami ingin membuatkan arena bermain yang layak untuk anak di pasar,” ujarnya.

(mul/a/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *