News, Sport and Lifestyle

Warga Kota Hujan Kompak Berbagi Tajil di Masjid Raya

METROPOLITAN – Sekitar 500 ta’jil untuk berbuka puasa bagi warga sekitar, selalu disiapkan jajaran pengurus Dewan Kemakmuran (DKM) Masjid Raya Kota Bogor. Setiap harinya di bulan Ramadhan, berbagai makanan rigan seperti, kolak, es buah, kurma, dan makanan manis lainnya menjadi menu ta’jail khas masjid kebanggaan warga Kota Bogor.

Bagian Administrasi DKM Mesjid Raya Kota Bogor Noval Syamsudin menuturkan, selain ta’jil pihaknya juga menyediakan makanan berat, sebagai santapan berbuka puasa. Noval mengaku, 500 ta’jil dan 250 nasi box merupakan kisaran rata yang dikeluarkan pihaknya di hari normal, sedangkan di hari libur dan akhir pekan, jumlahnya bisa mencapai dua kali lipat dari hari biasa.

“Kalau akhir pekan dan hari libur, kita menyediakan 1000 ta’jil dan 500 nasi box,” tutur Noval kepada Metropolitan, kemarin.

Disinggung soal kucuran dana, Noval menjelaskan, semua ini berasal dari bantuan masyarakat, beberapa donatur, hingga anggaran internal yang merupakan sumber dana bagi pengurus DKM Mesjid Raya Kota Bogor. Makanan penutup, cemilan, air mineral, manisan, hingga uang tunai, merupakan beberapa jenis bantuan yang kerap kali diterima pihaknya.

“Kalau untuk dana, sekitar 70-30 persen kami dibantu oleh masyarakat dan beberapa donatur, tapi tidak semua donatur dan warga memberi dalam bentuk uang. Ada yang ngasih makanan ringan,makanan berat sampai air mineral,” jelasnya.

Terpisah, Sekretaris Umum DKM Masjid Raya Kota Bogor Badri Al Asy’ari mengaku, kesadaran berbagi kepada sesama di kalangan masyrakat pada ramadhan tahun ini dengan sebelumnya, mengalami peningkatan pesat. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya kendaraan pribadi yang hilir mudik bongkar muat makanan di lingkungan masjid.

“Kami sangat senang angka kepedulian masyarakat Kota Bogor pada ramadhan tahun ini meningkat pesat, kami juga mengucapkan banyak terimakasih kepaa semua pihak yang sudah terlibat dalam meringankan beban soudara seiman kita,” pungkasnya.

(ogi/b/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *