Link Banner

Tak sedikit yang menjagokan Jerman di Piala Dunia 2018. Namun, menurut Thomas Berthold, Jerman masih tertinggal dari Prancis, Brasil dan Spanyol. Die Mannschaft akan ke Rusia dengan menyandang status sebagai juara bertahan. Namun, kini skuat Jerman sudah berubah dari empat tahun lalu, di mana tidak ada lagi nama-nama top seperti Miroslav Klose, Philipp Lahm dan Bastian Schweinsteiger.

Meski begitu, Jerman lolos ke putaran final dengan meyakinkan usai memetik 100 persen kemenangan di kualifikasi. Selain itu, Thomas Mueller cs juga bermodalkan gelar juara Piala Konfederasi 2017.

Tetapi performa Jerman belakangan ini cukup mengkhawatirkan. Jerman gagal meraih satu kemenangan pun di laga uji coba melawan rival-rival langsungnya di Piala Dunia. Jerman seri melawan Inggris, Prancis dan Spanyol, serta kalah 0-1 dari Brasil.

Berthold dua kali tampil di final Piala Dunia dan membantu Jerman juara di 1990. Mantan pemain yang berposisi bek tengah itu menilai sejumlah tim lain masih lebih baik daripada Jerman.

”Ketika Anda melihat sejarah Piala Dunia, tiga negara yakni Brasil, Italia dan kami telah memenangi total 13 titel. Saya pikir tidak ada tim lain yang sudah mencapai semifinal sesering Jerman. Dan kapan pun Anda mencapai semifinal, ada banyak faktor yang tidak bisa diperhitungkan, terutama ketika Anda melawan tim-tim top,” ungkapnya.

”Kami bukan favorit yang bersih. Prancis, Brasil dan Spanyol masih unggul dari kami dan Argentina kurang lebih adalah kuda hitam turnamen,” sebut Berthold. Jerman berada di Grup F bersama Meksiko, Korea Selatan dan Swedia. Di laga pertama, Jerman akan menghadapi Meksiko pada 17 Juni.

(de/suf/ run)

Link Banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here