Berbagai cara dilakukan petugas Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) demi terlaksananya pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang baik di suatu daerah. Turun langsung ke masyarakat menyampaikan pedoman aturan kepemiluan masih jadi cara ampuh yang kerap digunakan. Seperti yang dilakukan Ketua Panwaslu Kabupaten Bogor, Ridwan Arifin.

Ia bersama jajarannya tengah fokus mengedukasi masyarakat tentang tahapan kepemiluan. Lalu konsep seperti apa yang dimilikinya? Berikut petikan wawancara Harian Metropolitan dengan Ridwan:

Sejak kapan Anda bergabung dengan Panwaslu Kabupaten Bogor?

Saya bergabung sejak 2017, tepatnya 27 Agustus saya dilantik menjadi Ketua Panwaslu Kabupaten Bogor. Sebelumnya saya aktif sebagai pemantau kepemiluaan saat berorganisasi di Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor.

Apa yang melatarbelakangi Anda mau bergabung dengan Panwaslu?

Karena saya ingin berkontribusi untuk daerah. Normatifnya ya minimal membawa pemilu di Kabupaten Bogor bisa berjalan dengan baik dari tahun-tahun sebelumnya. Jadi dulu misalkan sudah baik dan saat ini harus terus ditingkatkan menjadi lebih baik. Khususnya dalam hal pengawasan kepemiluaan.

Fokus seperti apa yang sedang Anda lakukan saat ini?

Saat ini kami di Panwaslu sedang memastikan bahwa pemilihan di Kabupaten Bogor sesuai dengan aturan yang berlaku. Khususnya yang harus diutamakan adalah pemilih tambahan itu mendapatkan haknya mencoblos atau terakomodir oleh KPU Kabupaten Bogor.

Lalu, perubahan seperti apa yang Anda ingin lakukan dengan kepemimpinan Anda di Panwaslu Kabupaten Bogor?

Minimal harapan saya masyarakat itu memiliki pemikiran bahwa paslon yang mereka pilih adalah sosok yang terbaik di Kabupaten Bogor. Mereka memilih berdasarkan visi misi paslon bukan karena kedekatan atau politik uang.

Saat ini kita juga terus mengedukasi masyarakat baik itu secara selebaran hingga turun langsung ke lapangan. Karena bagaimana pun juga pilkada bisa berjalan dengan baik tergantung dari semua pihak yang terlibat. Intinya ini sudah menjadi tanggungjawab kita bersama mensukseskan pilkada 2018.

Apa harapaan Anda saat ini?

Kami berharap pada saat pencoblosan nanti pesta demokrasi di Kabupaten Bogor dapat berjalan dengan baik. Termasuk, saat penyelenggaraan Pemilu 2019 nanti dapat berjalan lebih baik lagi dari pada saat ini. Karena, tak dipungkiri masih ada kekurangan yang bagaimana kedepannya harus diperbaiki hingga menjadi lebih baik lagi. Ibaratnya, sebagai penyelenggara kita akan bekerja semaksimal mungkin untuk melayani siapapun itu yang datang, baik dengan cara marah-marah sekalipun. Harus kita layani dengan lebih baik lah.(rez)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here