News, Sport and Lifestyle

Ramai-ramai Pelototi Penggunaan Dana Desa

CIAWI – Usai lebaran,setelah cuti yang cukup panjang,maka aktivitas  perkantoran dimulai hari ini.Tak terkecuali,pembangunan yang didanai oleh Dana Desa (DD),  harus juga dilanjutkan.Peran penting pendamping desa dalam mengawal laju pembangunan tersebut,menjadi ujung tombak Ketuntasannya.

DD yang sudah cair sekitar 20 persen sebelum lebaran,harus segera diselesaikan dalam pengalokasiannya. Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Garda Republik Kabupaten Bogor  Indra surkana mengatakan,akan terus memantau pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintahan desa (Pemdes) sebagai pengguna anggaran. “Soalnya riskan apabila DD cair sebelum lebaran,karena biasanya pembangunan tersendat karena alasan libur,”ungkapnya.

Dia juga mengatakan,selain terbentur libur,pembangunan juga akan sedikit mengendur karena bulan puasa,”Banyak halangannya,jadi kalau lebaran sudah berlalu tidak ada alasan lagi untuk tidak menyelesaikan alokasi DD,” jelasnya. Kendati demikian,untuk Desa Banjarwaru,pengalokasian Dana Desa  sudah rampung dikerjakan,diantaranya adalah pembangunan turap dan betonisasi jalan Lingkungan.

“Ketika dana cair kami langsung bangunkan,kegiatannya dilakukan pada malam hari,mengingat saat itu adalah bulan puasa,” ujar Depala Desa Banjarwaru Firdaus. Tak hanya itu,lanjutnya,swadaya masyarakatpun muncul,baik dari segi tenaga atau materi,”Swadaya cukup bagus,warga bergotong royong dalam pembangunan,umumnya mereka menyumbangkan tenaga,disamping ada juga yang membantu secara materi,” tutup dia.(ash/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *