Link Banner

JAKARTA – Meski gagal naik podiumdi Kejuaraan Asia Junior 2018, Halomoan Edwin Binsar, atlet lari 400 meter gawang mampu memecahkan rekor nasional junior di nomor tersebut. Dia finis keempat dengan waktu 51,61 detik.

Sedangkan rekor terdahulu yakni milik Zulkarnain Purba yang tercipta pada 27 Juni 2000 silam. Rekornas junior selama 18 tahun tersebut dipangkas Halomoan.

Sebagai atlet muda berpotensi, Moan (sapaan Halomoan) juga sudah memastikan tiket ke Kejuaraan Dunia Junior di Tampere, Finlandia Juli mendatang. Dengan usia yang masih 18 tahun, Moan menjadi tumpuan atletik Indonesia di masa depan. Apalagi pemuda asli Bogor itu juga disiapkan untuk Asian Games.

Tentu, dengan harapan menambah jam terbang dan pengalaman dia menghadapi atlet top Asia. Pada final yang berlangsung di Stadion Gifu Nagarawaga, Jepang, cuaca yang cukup dingin sekitar 21 derajat celcius memberikan tantangan tersendiri.

“Apalagi saya terbiasa latihan di suhu yang cukup panas,” terang Moan via pesan singkat kepada Jawa Pos kemarin. Selepas bertarung, dia dan tim atlet Indonesia yang tampil di Kejuaraan Dunia junior langsung bertolak pulang ke Jakarta.

Berikutnya, Moan, akan dipersiapkan untuk tampil di Kejuaraan Dunia junior dan Asean School Games. Bersama dengan Lalu Muhammad Zohri dan Idan Fauzan yang sebelumnya juga mendulang medali di Kejuaraan Asia.

“Untuk berikutnya, saya akan berusaha memperbaiki catatan pribadi, harapannya di Kejuaraan Asia bisa pecah rekor lagi,” urainya. Terpisah, Agustinus Ngamel, team leader kontingen Indonesia menyatakan hasil di Jepang memberikan optimisme tersendiri bagi atletik Indonesia.

Terlebih dengan komposisi 8 atlet yang ambil bagian, Indonesia mendulang 1 emas, dan 1 perak. Selanjutnya, Kontingen Merah Putih menempati peringkat ke-8. Indonesia menjadi 1 di antara kontingen Asia Tenggara bersama Vietnam di top 10 Kejuaraan Asia Junior.

“Kalau melihat potensi yang ada saat ini, seharusnya bisa meningkat di ASG dan Kejuaraan Dunia,” kata Agus Ngamel.

Sumber : radartegal

Link Banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here