News, Sport and Lifestyle

Tim Siaga PMI Evakuasi Pemudik Ibu Hamil

METROPOLITAN – Hari kedua lebaran, sebanyak 105 personel petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor siaga di posko lebaran.  Dalam operasi siaga lebaran 1439 Hijriah, ada 11 titik posko yang dibuka.  Di antaranya, di Pospam
Cibinong, Cileungsi, Parung, Leuwiliang, Dramaga, Cigombong, Ciawi, Gadog, Taman Wisata Matahari (TWM) dan Puncak Gunung Mas Cisarua.

Petugas PMI Kabupaten Bogor Doni Susilo, menuturkan, operasi pengamanan tersebut diselenggarakan sejak H-7 hingga H+7 Hari Raya Idul Fitri 1439 H. “Pada kegiatan ini kami juga menyediakan empat unit mobil ambulance dengan masing-masing tiga petugas PMI, satu unit motor ambulance, dan dua unit mobil operasional,” ujarnya saat ditemui Metropolitan di Pos Kemanan TWM.

Sementara, lanjutnya, selama delapan hari terakhir pihaknya sudah melakukan pertolongan pada pemudik pada arus mudik lebaran sebanyak 12 orang. “Diantarnya, 4 orang luka sedang, 7 orang luka ringan dan 1 orang meninggal dunia.  Satu diantanya, kami evakuasi ibu hamil pada Jumat (15/6) lalu dan dibawa ke RS Gunawan Cisarua Bogor,” katanya.

Termasuk, korban kecelakaan lalu lintas (lantas) di jalur Puncak antara pengendara roda dua dari arah berlawanan. “Sementara, untuk korban meninggal dunia di wilayah Cikaret Cibinong Kabupaten Bogor. Korban ini merupakan seorang gelandangan dan dievakuasi ke RS Trimita Cibinong,” ucapnya

Doni memaparkan, pada pelaksanaan operasi tersebut, para petugas yang diterjunkan beroperasi selama 24 jam penuh, dan dibagi menjadi dua shif. “Setiap posko kami sediakan petugas. Saat pemudik hendak beristirahat dan meminta pertolongan bisa menghubungi kami untuk memberikan pertolongan pertama,” terangnya.

Semoga, perjalanan pemudik yang hendak pulang ke kampung halaman, maupun para wisatawan yang akan menuju objek wisata bisa menyiapkan diri dan kendaraan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,”pungkasnya. (yos/c/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *