Tren Bisnis Kaum Hawa yang Kekinian

by -32 views

Ketatnya persaingan bisnis di zaman now, membuat setiap orang harus lebih kreatif menciptakan berbagai peluang. Tak terkecuali kaum hawa yang kini tidak mau kalah saing dengan pria dalam berbisnis. Seperti Sandra Ayu Daniar yang telah memulai bisnis di dunia kuliner pada 2016.

SEBAGAI peci­nta kuliner, ia nekat membuka usaha Ayam Sambal Dadak di Jalan Jenderal Su­dirman, Bogor Tengah. Hanya bermodalkan Rp100 juta sampai Rp200 juta dengan o m s e t per­t a m a Rp30 juta sampa i Rp35 juta per bulan, kini ia mam­pu memiliki omset Rp60 juta hingga Rp70 juta per bulan.

“Saya memang suka ku­liner dan bisnis juga. Saya pikir kuliner di Bogor tak ada matinya. Jadi, saya buka tem­pat makan dengan konsep maka­nan sehari-hari. Semua orang pasti suka, karena ini makanan rumahan, seperti ayam, ikan, tumis-tumisan dan lainnya,” ujarnya ke­pada Metropolitan, kemarin.

Selain bisnis kuliner, Sandra juga mulai bisnis sepatu wa­nita dengan brand sendiri yang dipromo­sikan mela­lui Insta­g r a m yaitu @ flatinsi­de_id. Un­tuk bisnis ini, Sandra baru memproduksi 200 sampai 300 pasang sepatu pada November 2017 dengan omset Rp5 juta sampai Rp6 juta.

Tak hanya itu, ada pula bisnis mu­siman yakni kerajinan tangan. Evita Sari Harahap dapat menyulap sepotong kain flanel menjadi bunga dan men­ghasilkan pundi-pundi rupiah. Wa­nita berhijab ini memulai bisnis, ka­rena pengalamannya saat lulus kuliah pada 2015. Ia saat itu diberi hadiah bunga dari kain flanel oleh kerabatnya. Ia lalu tertarik membuatnya dengan hasil yang lumayan bagus.

Hingga saat ini pemasaran bunga flanel yang dibuatnya sudah tersebar di Institut Pertanian Bogor (IPB), Uni­versitas Ibn Khaldun (UIKA), Univer­sitas Pakuan (Unpak) bahkan Univer­sitas Indonesia (UI). Dengan omset awal hanya Rp250.000 hingga Rp300.000, tahun ini omset yang didapat mencapai Rp7 juta per satu musim.

Begitu pula bisnis di dunia kecantikan yang banyak digan­drungi wanita. Salah satunya Siti Sarraswati. Wanita kelahiran Bogor, 7 Juli 1997 itu mem­buka usaha salon dan mene­rima jasa rias wisuda bahkan wedding. Wanita yang akrab disapa Raras itu memulai usahanya pada 2017. “Tidak hanya itu, saya juga menerima pera­watan sulam alis, sulam bibir, eyelash dan bb glow,” kata­nya. (cr1/c/ mam/py)