JASINGA – Ustadz Abdul Somad mengungkapkan dampak mengerikan jika umat Islam salah dalam memilih pemimpin, baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi apalagi nasional.

“Penderitaannya bukan lima bulan, bukan lima hari, penderitaannya lima tahun mendatang. Meleleh air mata darah,” kata Ustadz Abdul Somad saat mengisi tablig akbar di Lapangan Jasinga, Kabupaten Bogor, baru-baru ini.

Memilih pemimpin, Ustadz Somad mengatakan, tak ubahnya memilih suami atau pasangan hidup. Jika pasangan hidup saja harus baik, apalagi pemimpin di level yang lebih besar.

“Kalau pemimpin rumah tangga saja dicari yang baik, apalagi pemimpin kabupaten, apalagi pemimpin provinsi, apalagi pemimpin negara, betul?” kata Ustadz Somad disambut jamaah dengan gemuruh takbir.

Karenanya, lanjut Ustadz Somad, umat Islam harus memiliki sifat selektif dalam menentukan. Jika tidak selektif, umat juga yang akan menderita. “Harus selektif. Jangan sampai tidak selektif. Kalau kita tidak selektif, kita akan menderita,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ustadz Abdul Somad juga menjelaskan dua ciri utama pemimpin adil yang harus dipilih umat Islam di setiap level mulai dari keluarga sampai negara.

Ialah amanah dan adil. Adil, menurut Ustadz Somad ialah mereka yang menjauhi dosa besar, menjaga diri dari dosa kecil dan menjaga kelayakan setelah bersyahadat kepada Allah dan Nabi-Nya.

Pemimpin yang adil juga harus bersikap adil kepada diri, keluarga dan sahabat sebelum adil kepada masyarakat atau rakyat yang dipimpin. (em/sal/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here