JASINGA – Warga Kampung Hegarsari, Desa Pamegarsari, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, gotong-royong membangun masjid di wilayah tersebut. Semangat kebersamaan dalam membangun tempat peribadatan itu karena warga menginginkan berdirinya masjid di kampung tersebut.

Panitia pembangunan masjid, Jajat Sujatma, mengungkapkan bahwa sejak lama warga memimpikan pembangunan masjid. Sebab, selama ini sarana peribadatan yang ada seperti surau amat kecil. “Mimpi memiliki masjid jami atau yang dapat difungsikan untuk salat Jumat dan jamaah adalah impian warga Kampung Hegarsari di RW 05 yang membawahi lima RT. Atas dasar inilah warga sepakat membangun satu unit masjid,” ujarnya kepada Metropolitan, kemarin.

Ia menjelaskan, terlaksananya pembangunan itu karena terdapat sebuah tanah wakaf yang lebar sekitar 10 meter dan panjang 16 meter. “Di tanah tersebut kita akan bangun masjid dengan dana swadaya. Biaya seluruhnya sekitar Rp600 juta. Kita iuran per minggu Rp5.000. Dikoordinasi RT dan panitia pembangunan. Tetapi tetap saja kemampuan masyarakat terbatas. Tidak semua masyarakat mampu,” bebernya.

Jajat mengaku anggaran untuk membangun masjid sangat besar. Namun, ia terus berusaha mencari bantuan dari donatur. “Dengan kepala desa kita sudah berkoordinasi. Alhamdulillah, desa sudah membantu dan sangat koordinatif dengan panitia. Tapi tetap saja kemampuan desa terbatas. Kita tentu berharap ada pihak lain yang berkenan membantu kami,” ujarnya.

Sementara Sekretaris Pembangunan Masjid, Nurzen, mempersilakan pihak-pihak lain yang ingin membantu masyarakat Kampung Hegarsari. “Ya silakan datang ke sini. Cek dan lihat sendiri. Ini kesempatan untuk beramal. Nabi pernah bersabda, membangun masjid di bumi Allah sama saja membangun satu istana surga,” pungkasnya. (khr/b/sal/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here