METROPOLITAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Ciseeng, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, merealisasi peningkatan infrastruktur bersama masyarakat setempat. Tepatnya pembangunan jalan lingkungan (jaling) menggunakan paving block sepanjang 100 meter di RT 04/03 selama tujuh hari dan pengecoran jalan desa (jaldes) sepanjang 60 meter di RT 04/03, Kampung Cibogo, selama 15 hari.

Kepala Desa (Kades) Ciseeng Atin Supriatin mengatakan, pengerjaan yang melibatkan swadaya masyarakat tersebut sudah rampung dikerjakan dengan memanfaatkan Dana Desa (DD) termin I dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 kurang lebih Rp156 juta.

“Selain infrastruktur ini, kami juga melakukan normalisasi saluran irigasi se-Desa Ciseeng yang tersebar di 17 RT dan empat RW,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Setelah realisasi tersebut, jelas Atin, digelar juga peningkatan kapasitas para kader posyandu dan para guru PAUD. “Tentunya kami berharap dengan terealisasinya kegiatan ini bisa memberi dampak terbaik untuk masyarakat setempat. Termasuk meningkatkan perekonomian 8.500 warga desa di wilayah seluas 205 hektare ini,” jelasnya.

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Kasi Ekbang) Desa Ciseeng Tomi menambahkan, saat ini pihaknya tengah menunggu pencairan DD termin II 40 persen dari APBN 2018 yang nanti akan diserap untuk pengaspalan jaling sepanjang 1.100 meter di RT 05/04 dan pemasangan paving block di RT 01/04 sepanjang 450 meter.

“DD termin II akan direalisasikan di dua titik juga. Dan lokasi ini menjadi skala prioritas. Kami harap semua pengerjaan ini bisa berjalan dengan baik, lancar dan tanpa kendala,” harapnya. (yos/b/yok/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here