METROPOLITAN – Seiring dengan perubahan tatanan pemerintahan dengan tuntutan transparansi dan keterbukaan, maka diperlukan aparatur pemerintah yang mampu menjembatani visi dan misi pemerintah daerah dengan apa yang menjadi kebutuhan serta harapan masyarakat. Sehingga program dan kegiatan yang dilaksanakan dapat dapat menjawab kebutuhan masyarakat secara langsung guna meningkatkan kesejahteraannya. Seperti itulah yang disampaikan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, saat membuka Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan ke IV di Aula BKPSDM Kabupaten Sukabumi, Selasa (10/7).

Pada kesempatan itu bupati secara simbolis menyematkan tanda peserta kiklat kepada perwakilan peserta. “Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai aparatur terdepan dalam tataran organisasi pemerintah haruslah dapat memenuhi beberapa kualifikasi dan kapasitas sesuai dengan realitas yang berkembang saat ini,” kata Marwan.

Beberapa kualifikasi dan kapasitas sesuai dengan realitas yang berkembang saat ini, menurut Marwan di antaranya harus memiliki kemampuan dalam membimbing dan mengarahkan staf. Kemudian memberikan pelayanan kepada publik secara efektif dan efisien. “Harus juga memiliki kemampuan dalam menjabarkan kebijakan pimpinan secara operasional,” jelas Marwan.

Bupati berharap, peserta diklat dapat memahami materi secara baik. Sehingga nantinya dapat terwujud pola sikap, pola pikir dan pola tindak sebagai pimpinan yang dapat menjadi panutan serta mampu melakukan perubahan dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kabupaten Sukabumi, H. Sudadi Susila, menyampaikan bahwa Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan ke IV yang diikuti 40 orang itu dilaksanakan selama 100 hari kerja dari 9 Juli 2018 s/d 2 November 2018. “Tujuannya adalah untuk mengembangkan kompetensi kepemimpinan taktikal para pejabat administrator setingkat esselon III yang akan berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansi masing-masing,” katanya. (ade/ram)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here