News, Sport and Lifestyle

Disdukcapil 2 Cibadak Pastikan Pelayanan Adminduk Sesuai SOP

 

METROPOLITAN – Kordintor Wilayah (Korwil) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) 2 Cibadak, Ande Hidayat, memastikan bahwa pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di wilayahnya sudah berjalan sesuai dengan ketentuan. Meski demikian tak memungkiri adanya hambatan dan kendala dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat. “Saya pastikan Disdukcapil wilayah 2 Cibadak sudah bekerja sesuai dengan standard operational procedure (SOP),” kata Ande Hidayat saat ditemui di ruang kerjanya di komplek perkantoran, Kecamatan Cibadak, Kabupaten sukabumi, Selasa (10/7).

Ande menepis adanya tuduhan kepada pihaknya bahwa dalam pelayanan KTP-el di Disdukcapil Cibadak kepada masyarakat sampai berbulan-bulan belum juga terbit. “Saya tidak mengerti sampai berbulan-bulan ini maksudnya bagaimana. Karena memang dalam pemohon yang satu sampai dua bulan saja itu belum bisa kecetak karena yang lama saja sudah menumpuk banget,” terang Ande.

Jadi karena adanya penumpukan tersebut, dikatakan Ande, Disdukcapil 2 Cibadak mengutamakan atau mencetak yang data pertama saja didahulukan. Sementara pemohon yang baru diberikan jeda waktu. “Itupun terkecuali ada yang penting. Seperti ada yang mau umroh atau keluar negeri. Itu pasti kita upayakan, apalagi kalau yang mau ke rumah sakit,” tutur Ande.

Menurut Ande, terjadinya penumpukan data pemohon pelayanan KTP-el ini disebabkan karena adanya kekosongan blanko pada 2017 lalu yang masih berimbas dampaknya hingga saat ini. “Jadi dalam perjalanananya mencetak KTP-el, Disdukcapil sebisa mungkin untuk tetap memberikan pelayanan yang baik dan optimal kepada masyarakat,” jelasnya.

Ande berharap kepada masyrakat pemohon pelayanan adminduk untuk bisa bersabar karena dalam pelayanan Disdukcapil masih memiliki keterbatasan. Apalagi, Korwil Disdukcapil 2 Cibadak ini melayani masyarakat dari enam kecamatan yakni Cibadak, Cikidang, Nagrak, Cikembar, Cicantayan dan Caringin. (ade/ram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *