METROPOLITAN – Ridwan Kamil mengundang seorang pengemudi ojek online (ojol) dari Kabupaten Bogor ke Posko Pemenangan di Jalan Cipaganti, Bandung pada Senin (2/7) malam. Kemudian dia menghadiahkan sebuah sepeda motor skuter metik kepada pengendara bernama Nanda tersebut.

Emil, panggilannya, menuturkan bahwa pemberian hadiah kepada Nanda dilatarbelakangi oleh kesediaan pengendara ojol tersebut untuk mempromosikan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) ketika masa kampanye Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 lalu. Padahal, dia mengaku samasekali tidak mengenal sosok Nanda yang memang tak masuk dalam simpul relawan manapun.

“Atas takdir Allah, alhamdulillah saya bertemu dengan seorang yang sangat mendukung saya diam-diam mewakili mereka yang dalam diamnya mendukung pasangan Rindu. Namanya Pak Nanda. Saya sangat terharu karena ini lah contoh orang mendukung dari hati karena saya tidak kenal, beliau tak bergabung dengan relawan,” kata Emil.

Dikatakan Emil, kabar tentang sepak terjang Nanda ini diinformasikan oleh kakak kandungnya. Dia sangat tersanjung karena pengemudi ojek daring itu cukup berani mempromosikan Rindu, tanpa ketakukan mendapat pemungpang dari simpatisan tiga lawan tandingnya di Pilgub Jawa Barat 2018.

“Informasinya saya dapati dari kakak saya yang menitip pesan dari temannya yang merupakan penumpangnya Pak Nanda. Dia menceritakan selama dibonceng Pak Nanda dia begitu semangat mempromosikan tanpa diminta dan tanpa takut penumpangnya beda pilihan,” ujarnya.

Alhasil Emil pun mengaku ikut tersentuh untuk memberikan apresiasi kepada Nanda. Warga Ciomas, Kabupaten Bogor itu pun lantas dihadiahi motor baru olehnya. “Karena menurut laporan motornya serong mogok, lampu ya sering mati. Nanti motor baru di pakai, motor lama jual saja, ditabung. Mudah-mudahan cerita kemanusiaan ini juga menginspirasi bahwa semangat terus membela Indonesia menjadi pemimpin karena jika kita mencintai rakyat, rakyat juga akan mencintai kembali,” bebernya.

Sementara itu, Nanda mengaku percaya dengan kemampuan Emil dan Uu yang sudah terbukti sebagai kepala daerah di tingkat kota dan kabupaten. Sehingga, dia secara sukarela ikut mempromosikan pasangan Rindu. “Saya mau promosi karena saya tahu sejak menjadi wali kota bapak ini sangat pandai mengurus rakyatnya. Mudah-mudahan dengan menjadi gubernur bisa lebih baik lagi mengurus Jawa Barat jangan di Bandung saha, Bogor juga ya pak,” ucap Nanda.

Kakek dua orang cucu ini menuturkan selama mempromosikan pasangan Rindu dia dengan telaten mengajak setiap penumpangnya ketika berbincang selama perjalanan. Walaupun diakui Nanda tak semua penumpangnya senang mengobrol. “Cara ngobrolnya santai, paling saya awali gubernur yang mau dipilih siapa? Saya tawari saja kenapa nggak nomor 1 saja. Pas tanya kenapa ya saya bilang karena berpengalaman, karena Pak Uu Ruzhanul juga kan bupati. Kalau daerah dipimpin orang berpengalaman Insya Allah akan lebih maju,” jelasnya.

Nanda yang baru diberi kabar dua hari lalu untuk datang ke Bandung juga ikut terharu, karena niat tulusnya ikut mensosialisasikan pasangan Rindu ternya berbuah apresiasi dari orang yang hanya dia tahu dari media dan dari cerita anaknya sendiri. “Untuk Pak Ridwan saya harap bisa membawa Jabar lebih maju. Sebagai driver, harapan saya juga ojol lebih diperhatikan. Terus untuk guru honorer segera diangkat jadi PNS,” harapnya. (inc/els)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here