Enam Pejabat Eselon II Bogor Kosong

by -

 

METROPOLITAN – Hingga saat ini, ada enam jabatan eselon II di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor kosong. Hal ini dikarenakan, para pemilik kursi ini telah pensiun. Dan Pemerintah Kota Bogor akan segera melaksanakan open bidding demi mengisi enam jabatan tersebut. Jabatan ini yakni, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Asperbangkesra), Asisten Umum, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, dan terakhir Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA), yang akan kosong mulai hari ini (2/7).

“Sampai pertengahan tahun ini ada enam (yang kosong), dan untuk BKPSDA, bakal kosong mulai hari ini (kemarin, red), karena saya pensiun,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA), Fetty Qondarsyah kepada Metropolitan, kemarin.

Wanita yang juga Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Bogor itu melanjutkan, sebelumnya saat Wali Kota Bogor Bima Arya cuti mengikuti Pilkada Wali Kota, Plt Walikota Bogor Usmar Hariman sudah mengajukan tiga jabatan untuk dilelangkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Namun, lantaran jumlah ASN yang pensiun bertambah, maka kebijakan itu pun ditunda.

“Supaya ada enam jabatan yang kosong langsung terisi. Jadi tidak sedikit-sedikit lah,” bebernya.

Pihaknya juga sudah mengirim surat kepada Kemendagri mengenai rencana open bidding. Kini tinggal menunggu surat balasan dari Kemendagri menyikapi kebijakan tersebut.

“Kami juga sudah berkirim surat Kemendagri perihal tersebut, sudah dikirimkan. Tinggal menunggu balasannya saja,” imbuh Fetty.

Selain itu, BKPSDA juga mengajukan rekomendasi terkait pelaksanaan rotasi mutasi pejabat eselon tiga ASN di lingkungan Pemkot Bogor, yang direncakan berlangsung bulan ini. “Rotasi ini juga sudah diajukan lagi ke Kemendagri. Kemudian nanti baru open bidding,” ujarnya.

Untuk jabatan eselon III, kata Fetty, terjadi kekosongan di Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Kepala Bidang Perindustrian pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). “Eselon IVA ada lima jabatan yang kosong, untuk eselon IVB ada tujuh,” pungkasnya. (ryn/c/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *