Link Banner

CIAWI – Bisa menunaikan Ibadah haji adalah Impian setiap umat muslim. Bukan hanya kemampuan materi,melakukan ibadah haji harus mampu dalam segala hal,termasuk jasmani dan rohani. Selain itu, kekuatan niat menjadi paling menentukan,karena banyak umat muslim yang tergolong sudah mampu belum juga melaksanakan ibadah haji.

Kendati demikian,para calon jamaah haji di Indonesia tidak pernah sepi dari pendaftar,bahkan ada daftar tunggu jamaah untuk berangkat. Tak tanggung- tanggung, waktu masa tunggu mencapai lima tahun. Untuk tahun 2018, sebanyak 110 orang Jamaah haji asal Ciawi sudah siap diberangkatkan. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya 69 orang saja. Para jamaah sudah mengikuti seluruh rangkaian latihan sebelum berangkat haji.

“Untuk usia jamaah tertua  yaitu 85  tahun atas nama Ratni,dan yang termuda adalah 19 tahun atas nama Yayu,” ungkap Ketua Pos Bimbingan Manasik Haji Ciawi Roby Syamsi. Pria yang juga menjabat Kepala Kantor Urusan Agama(KUA)  Kecamatan Ciawi itupun mengatakan, kelompok terbang (Kloter) 10 yang membawa jamaah haji asal Ciawi adalah kloter yang pertama terbang untuk jamaah yang ada di kabupaten Bogor. “Berangkatnya besok (hari ini -red) dan itu adalah kloter yang pertama kali terbang,” ungkap dia. (ash/b/suf)

Link Banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here