METROPOLITAN – Sehari jelang penutupan, baru lima dari 16 partai politik (parpol) di Kabupaten Bogor yang mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg)-nya ke KPU Kabupaten Bogor, kemarin. Artinya, masih ada 11 parpol peserta pemilu 2019 yang belum mendaftarkan bacalegnya. Besar kemungkinan, 11 parpol yang belum mendaftar tersebut menggunakan hari terakhir yang jatuh pada Selasa (17/7) hari ini, untuk mendaftar.

Ke-11 parpol yang belum mendaftar yaitu PSI, Berkarya, PDIP, Hanura, PAN, Gerindra, Golkar, PPP, Demokrat, PKB, dan PKPI.

Ketua KPU Kabupaten Bogor Haryanto Surbakti mengatakan, pendaftaran Bacaleg sudah dibuka sejak 4-17 Juli 2018. Hingga hari ke-13 kemarin, baru Partai Perindo, Partai Garuda, PBB, Nasdem dan PKS yang mendaftarkan bacalegnya ke KPU Kabupaten Bogor. Kelimanya telah memenuhi syarat pencalonan dan langsung mendapat tanda terima dari KPU untuk selanjutnya dilakukan verifikasi syarat calon satu per satu.

Di hari terakhir, KPU Kabupaten Bogor membuka pendaftaran hingga pukul 00:00. meski demikian, Haryanto meminta 11 parpol yang belum mendaftar tidak datang di akhir waktu atau malam hari. Sebab berdasarkan pengalam beberapa parpol yang sudah mendaftar, masih ada saja kekurangan-kekurangan persyaratan yang harus diperbaiki atau dilengkapi.

“Ada 11 partai lagi yang belum mendaftar. Kami mengimbau tidak di last minutes atau pada malam hari. Karena dari beberapa parpol yang sudah mendaftar ke KPU, masih ada kekurangan-kekurangan berkas, terutama berkas pencalonan. seperti tanda tangan, ada yang tidak terpasang foto dan lainnya. Jadi kalau daftar di awal ada waktu jika ada yang harus diperbaiki,” terangnya.

Menurut Haryanto, parpol yang tidak mendaftar hingga pukul 00:00 hari ini tidak bisa mengikuti pemilihan legislatif (pileg) 2019 di Kabupaten Bogor. Jika pun ada kekurangan persyaratan pencalonan, perbaikannya tidak boleh melebihi pukul 00:00. Dirinya pun mengaku telah melakukan komunikasi kepada parpol agar tidak telat mendaftar di hari terakhir.

“Jadi kalau syarat pencalonannya lengkap kami berikan tanda terima sebagai tanda partai tersebut telah mencalonkan ke KPU. Kalau belum lengkap kami kembalikan, dan kalau sampai pukul 00:00 tidak diserahkan kembali perbaikannya, dianggap tidak mendaftar,” tandas Haryanto. (fin/b/sal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here